PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Sania A Ngilly
Paulina Y Amtiran
Wehelmina M Ndoen
Petrus E de Rozari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal yang diproksikan dengan DER (Debt To Equity), Ukuran Perusahaan (SIZE) dan profitabilitas ROE (Return On Equity) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 13 perusahaan dan sampel yang digunakan dalam penelitan ini sebanyak 4 perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi data panel menggunakan software Eviews 10. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) struktur modal berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, 3) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan secara simultan struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji Adjusted R-Squared menunjukkan bahwa seluruh variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 72,3% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain.


Kata Kunci : Nilai Perusahaan (PBV), Profitabilitas (ROE), Struktur Modal (DER), Ukuran perusahaan (SIZE).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ngilly, S., Amtiran, P., Ndoen, W., & de Rozari, P. (2023). PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 445-462. https://doi.org/10.35508/glory.v4i2.10883
Section
Articles

References

Akdon dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Basuki, Agus Tri dan Nano Prawoto. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.
Brigham, F. Eugene dan Joel F. Houston. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: PT. Salemba Empat.
Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Ferdinand, Augusty. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Iman. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi Ke-9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanafi, Mamduh dan Abdul M. Halim. (2016). Analisis Laporan Keuangan Edisi ke-5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Heningtyas, Oryza Sativa. (2017). “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index
(JII) (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII periode
2010-2015)”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hery. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.
Hery. (2017). Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: PT. Grasindo.
Irawan, Dedi dan Nurhadi Kusuma. (2019). “Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, Vol. 17. ISSN: 1693-1688.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, cetakan ke-7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, Binti dan Ruzikna. (2017). “Pengaruh Struktur Modal Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI.” Jom Fisip, vol. 4 (2): 1-14.
Kurniasih, Pipit Ayu. (2018). “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal financial, Vol. 4 (2). ISSN: 2502-4574.
Mulia, Feronyca Fahdinda. (2021). “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bei”. Universitas Hayam Wuruk Perbanas.
Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Pramana, I Gusti Ngurah Agung Dwi & I Ketut Mustanda. (2016). “Pengaruh Profitabilitas Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Csr Sebagai Variabel Pemoderasi”. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 5(1).
Prastuti, Rai Kadek Ni dan I Gede Merta Sudiartha. (2016). “Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Deviden, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan”. E- jurnal manajemen Unud.
Prihadi, Toto. (2012). Memahami Laporan Keuangan Sesuai IFRS dan PSAK. Jakarta: PPM.
Priyatno, Duwi. (2012). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rachmawati, Dwi. (2015). “Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan”. Equity, Vol.18 (1).

Ramdhonah, Zahra dkk. (2019). “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017)”. Jurnal riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 7 (1).
Sartono, Agus. (2014). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardika, I Nyoman Agus. (2017). “Pengaruh Leverage, Ukuran perusahaan, Pertumbuhan perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan Property”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6 (3).
Wijaya, Masri Erma. (2014). “Pengaruh Keputusan Investasi Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Akuntansi Politeknik Sekayu (ACSY), vol. 1 (1): 52–58.
Wiyono, Gendro dan Hadri Kusuma. (2017). Manajemen Keuangan Lanjutan Berbasis Corporate Value Creation Edisi kesatu. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.