PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PT. POS (PERSERO) DI KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan kantor pos di kota Kupang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif/ Korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner, Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Konsumen PT. Pos dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan rumus lemmeshow. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis Statistik Deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji T. Uji F dan Koefisien determinasi dengan olah data menggunakan aplikasi SSPS IBS Statistik 16 Hasil Penelitian menujukan bahwa Daya Tanggap, Kehandalan dan Jaminan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasaan pelanggan, dan Bukti fisik dan perhatian secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan. Hasil pengujian secara simultan dalam penelitian ini bahwa varoabel Bukti fisik, Daya tanggap, Kehandalan, Jaminan dan Perhatian berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Article Details
References
Finistyawan, Yuventus K. .., and Juita L. .. Bessie. 2020. “Finistyawan and Bessie/ Journal Of Management (SME’s) Vol. 12, No.2, 2020, P149-165.” Journal Of Management (SMEs) Vol. 12(2):149–65.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran(ke-13). Erlangga.
Prihandoyo, Cornelius. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan.” Jurnal GeoEkonomi 10(1):116–29. doi: 10.36277/ geoekonomi.v10i1.59.
Solomon & Elnora. Strategi Pemasaran. Jakarta: Kelompok Gramedia, 2003.
Selan, Donar W., and Juita L. D. Bessie. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Hotel Timor Megah Kota SoE, TTS).” Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs) 10(3):375–93. doi: 10.35508/jom.v10i3.2003.
Setiawan, Ajis, Nurul Qomariah, and Haris Hermawan. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Popolo Coffee.” Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia 9(2):114–26.
Soliha, F. M., Winarni, L., & Haryanto, A. T. (2018). Quality of Health Services in the Health Gondangrejo, Gondangrejo District Karanganyar Regency. Solidaritas, 2(2).
Fandy, Tjiptono. 1998. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2006. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Tjiptono, Fandy 2016, Service, Quality AndSatisfaction, Cv Andi Offset Yogyakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra, 2012, Pemasaran Strategik, Andi, Yogyakarta Tjiptono,
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Ofset.
Tjiptono, Fandy (2017). Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik - Mengupas Pemasaran Strategic, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif Hingga eMarketing. Edisi III.Yogyakarta:CV.ANDI.
Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid 10 2005, h. 153-16