ANALISIS DIGITAL MARKETING DAN KREATIF IKLAN (STUDI KASUS PADA PELAKU UKM COFFEE SHOP PAPA GANTENG DI KOTA KUPANG)
Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi semakin meluas dengan adanya dunia digital dan internet yang berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Kopi Papa Ganteng merupakan salah satu Coffee Shop di Kota Kupang yang telah ada sejak tahun 2018. Selain memiliki nama yang cukup unik dan menarik, Kopi Papa Ganteng juga memiliki sosial media berupa akun Instagram sebagai tempat mereka memasarkan produk secara online. Saluran media digital yang dimiliki oleh Kopi Papa Ganteng adalah telah menggunakan maps untuk memudahkan konsumen, apabila konsumen menulis nama Kopi Papa ganteng di mesin pencari Google maka akan muncul semua informasi terkait Kopi Papa Ganteng, Kopi Papa Ganteng juga memiliki iklan yang menarik dengan hasil gambar dan editan yang kreatif dan persuasif untuk diunggah di sosial media facebook dan instagram. Selain itu, untuk memudahkan konsumen, Kopi Papa Ganteng juga telah menjadi mitra dari transportasi online yaitu Grab Food sehingga konsumen dapat melakukan pembelian tanpa harus datang ke tempat Kopi Papa Ganteng. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa bagian dari 6 saluran utama digital marketing yang digunakan oleh Kopi Papa Ganteng. Hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan kepada 9 orang konsumen dan 1 orang pemilik menunjukkan bahwa Digital marekting yang digunakan Coffee Shop Papa Ganteng yaitu menggunakan media sosial instagram, facebook dan google sebagai sarana untuk promosi, memberikan kritik dan saran serta memberikan informasi tentang tempat-tempat baru. Kreatif iklan yang dihasilkan oleh Coffee Shop Papa Ganteng yaitu originalitas dengan tag line yang diciptakan, kreativitas dalam membuat foto dan video, keunikan nama bisnis dan menu untuk mempengaruhi konsumen.
Kata Kunci : Digital Marketing, Kreatif Iklan, UKM, Coffee Shop.
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Case, K. E., & Fair, R. C. (2007). Prinsip-Prinsip Ekonomi (Kedelapan). Jakarta: Erlangga.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation and Practice. England: Pearson Education Limited.
Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.
Emir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.
Hermawan, H. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan, Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Huda, N. (2009). Ekonomi Makro Islam. Jakarta: Prenada Nedia Group.
Indonesia. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVI/MPR-RI/1998
Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah.
Kismono, G. (2008). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P., & Susanto, A. B. (2001). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Armstrong, G. (2011). Marketing an Introduction (10th Editi). Indonesia: Perason.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Laksmana, A. (2012). Internal Public Relations. Jakarta: Republika.
Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munawir. (2002). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Natalia, D., & Nurfebiaraning, S. (2021). Analisis Tahapan Strategi Kreatif Dan Strategi Kreatif Pesan Iklan “ Ankle Week ” Pada Instagram Kasual Periode Iklan 15 Juli – 29 Juli 2020 the Analysis of Creative Strategy Steps and Creative Message Strategies of " Ankle Week " Ads on Kasual Instagram. 8(6), 8872–8882.
Parente, D. (2004). Advertising Campaign Strategy, A Guide to Marketing Communication Plans (Third). USA: Thomson South Western.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rahardjo, S., & Gudnanto. (2010). Pemahaman Individu Teknik Non Tes.
Rahmana, A. (2008). Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Informasi Terdepan tentang Usaha Kecil, Menengah.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif.
Safitri, M., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sebuah Tinjauan Pustaka. Senmabis …, 1(1), 55–63. https://prosiding.senmabis.nusaputra.ac.id/article/view/28%0Ahttps://prosiding.senmabis.nusaputra.ac.id/article/download/28/11
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sholihin, A. I. (2010). Buku Pintar Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Soraya, I. (2018). Strategi Kreatif Pesan Iklan Ladang Coffee Dalam Membangun Brand Image Sebagai CoffeeShop Khas Nusantara. 9 No. 1.
Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukirno‚ Sadono. (2010). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Supardi, Y., & Hermawan, A. (2018). Semua Bisa Menjadi Programmer Cide Igniter Basic. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.