PENGARUH KOMUNIKASI DAN KERJA SAMA TIM TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG SOE

Main Article Content

Theresia Sindy Un
Tarsisius Timuneno
Yosefina K I D D Dhae
Ni Putu Nursiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Komunikasi, Kerja Sama Tim dan Semangat Kerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Soe baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 35 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan model regresi linear berganda. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil analisis Deskriptif menunjukkan variabel komunikasi dan kerja sama tim di PT. Pos Indonesia (Persero) Soe memiliki nilai capaian pada kategori sangat baik.  Uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F dimana sebelum menggunakan uji ini dilakukan uji asumsi klasik. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Soe sedangkan variabel Kerja Sama Tim tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Soe. Hasil Uji Simultan Menunjukkan Bahwa Variabel Komunikasi Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Soe, Variabel Kerja Sama Tim Tidak Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Semangat Kerja Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Soe.


Kata Kunci : Komunikasi, Kerja Sama Tim, dan Semangat Kerja

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Un, T., Timuneno, T., Dhae, Y., & Nursiani, N. P. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI DAN KERJA SAMA TIM TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG SOE. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(1), 221-234. https://doi.org/10.35508/glory.v5i1.12677
Section
Articles

References

Amirullah. (2015). Kepemimpinan Dan Kerja Sama Tim. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Bachtiar, (2012). Pengaruh Kerja Sama Tim Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pns Balista Lembang, Journal Of Pariwisata,Ii, 1.
Effendy, O. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Mangkunegara, A.A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, A. (2001). Komunikasi Organisasi, Jakarta : Bumi Aksara
Rochim, N. (2011). Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Moestopo Publishing
Sarwono, (2011). Psikologi Re maja. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Jackson, Schuler. (2001), Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Siagian, (2003). Pengaruh Lingkungan Keja Dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Abs Raya Rubber Works.
Soobaroyen T, 2006. “Management Control System And Dysfunctional Behavior: An Empirical Investigation”. Accounting Behavior. Email: Trs@Aber.Ac.Uk
Sugiyono. 2014, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2018. Metode penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta
West, M. (2002). Kerja Sama yang Efektif. Cetakan Kelima. Penerjemah: Srikandi Waluyo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.