ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CAFE TEMAN BACARITA KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di cafe Teman Bacarita kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di cafe Teman Bacarita kota Kupang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling, sampel yang digunakan adalah 33 responden. Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui bahwa dimensi Bukti Fisik memiliki capaian skor sebesar 4,38 , dimensi empati memiliki capaian skor sebesar 4,43, bahwa dimensi empati memiliki capaian skor sebesar 4,1, dimensi empati memiliki capaian skor sebesar 4,19 , dimensi empati memiliki capaian skor sebesar 4,41, dimensi empati memiliki capaian skor sebesar 4,37, dimensi kesesuaian harga dengan kualitas produk memiliki capaian skor sebesar 4,32, dimensi daya saing memiliki capaian skor sebesar 4,32, dimensi kesesuaian harga dengan manfaat memiliki capaian skor sebesar 4,42.Hasil analisis pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan di cafe Teman Bacarita Kupang, harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di cafe Teman Bacarita Kupang serta kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan di di cafe Teman Bacarita Kupang.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Article Details
References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 2.
Kotler & Armstrong (2012).Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta
Putra, J. P., Janji, T., & Sitinjak, R. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan Kopi Starbucks di Summarecon Mall Kelapa Gading 3. 4(8), 3462– 3470
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2016). Metode kualitatif kuantitatif dan R&B. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset. Yogyakarta
Tjiptono, F. (2015). Marketing strategy, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta. Harman Malau.2017. Marketing Management. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, F. (2017). Service, Quality dan Satisfaction. 2017. Marketing Management. Bandung: Alfabeta.
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129-138