STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMK (STUDI KASUS PADA TAMAN RIA SWALSO TITEN DI KOTA LEWOLEBA KABUPATEN LEMBATA)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan menyusun strategi dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) Taman Ria Swalso Titen yang ada di Kota Lewoleba Kabupaten Lembata, sebagai salah satu UMK yang membantu meningkatkan pendapatan UMK di Kota Lewoleba Kabupaten Lembata. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi disajikan dalam bentuk data, kemudian analisis menggunakan metode matriks SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Informan yang dijadikan sumber data terdiri dari Camat Nubatukan dan Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan pada setiap pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Taman Ria Swalso Titen seperti; permodalan, pemasaran, sumber daya manusia, pengendalian teknologi, sosial dan ekonomi, sehingga pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) Taman Ria Swalso Titen di Kota Lewoleba Kabupaten Lembata belum bisa terlaksana dengan baik. Sedangkan strategi yang tepat yang dapat dilakukan dalam pengembangan UMK Taman Ria Swalso Titen di Kota Lewoleba Kabupaten Lembata adalah Strategi SO (Growth). Strategi SO (Growth) merupakan strategi yang memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, UMK, SWOT
Downloads
Article Details
References
Ariani, M. N. U. (n.d.). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kota tarakan.
Artaman, D. M. A., Yuliarmi, M. N., & Djayastra, i ketut. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 02, 87–105.
Esti, M. (2021). Strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Meningkatkan Muzakki Di Kabupaten Pesisir Barat. http://repository.radenintan.ac.id/14469/
Fatma, R. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat ( Study Kasus: Tahu 151 A Kelurahan Abian Tubuh Kota Mataram ).
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Kamaluddin, I. (2020). Analisis Swot Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada Pt. Menara Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 342–354. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.183
Murni, S., & Rekha, R. (2021). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Pada Industri Bordir Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 32–44. https://doi.org/10.22373/jimebis.v2i1.194
Ningrum, G. A. P. D. V., Ayuningsasi, A. A. K., & Wenagama, I. W. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Bidang Fashion di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 9(1), 147–176.
Nugrahaini, A. Z. R. dan D. S. (2021). Strategi pengembangan usaha untuk meningkatkan pendapatan umkm kijen star reog ponorogo. D(2), 65–80.
Nursika et al, . (2023). SENTRI : Jurnal Riset Ilmiah. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1275--1289.
Polnaya, G. A. (2015). Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati , Jawa Tengah. 85. http://eprints.undip.ac.id/46376/
Rahmadani, S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec.Selesai Kab.Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik). Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 115–129. https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.160
Risnawati, N. (2018). Permasalahan Dan Upaya Pemberdayaannya… 145. IX(2), 145–161.
Saputri, A. E. (2023). Analisis Penggunaan Teori SWOT Pada Showroom Mobil Bekas Di UD . ALDO MOTOR Kec Waru Sidoarjo. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3).
Sinambela, Y., Darnianti, & Panjaitan, N. (2018). Analisis Startegi Pemasaran CV KArunia Makmur Persada (KMP) Dengan Metode SWOT. Jurnal Juitech, 2(2), 56–66.
Suhariyanto. (2017). Usaha mikro kecil. In Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. https://se2016.bps.go.id/umkumb/files/umkumb/00_Pusat/00_booklet_SE2016Lanjutan_01_Potensi_UMK.pdf
Sukendar, A. Y. S., Raissa, A., & Michael, T. (2020). Penjualan Rogodi (Roti Goreng Mulyodadi) Sebagai Usaha Bisnis Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Desa Mulyodadi, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 3(1), 79–89. https://doi.org/10.30996/jhbbc.v3i1.3058
Wulandari, D. (2020). Analisis Swot Pada Produk Ib Multiguna Bank Jateng Syariah Kcps Semarang Barat. 13.
Sugiyono,2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA