STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UD. EMPAT PUTRI

Main Article Content

Christin Beldin Toby
Markus Bunga
Yosefina K I D D Dhae
Apriana H J Fanggidae

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan pada UD. Empat Putri. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan model deskriptis dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik usaha dan observasi langsung terhadap proses pemasaran yang telah dilakukan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Empat Putri berada pada sel I yaitu Growth and Bulid (Tumbuh dan Bina) yang mana berarti perusahaan memiliki potensi untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki guna menangkap semua peluang yang ada dalam meningkatkan volume penjualan perusahaanpenerapan strategi pemasaran yang fokus pada promosi melalui media sosial dan kerjasama dengan distributor lokal telah berhasil meningkatkan volume penjualan produk UD. Empat Putri. Adapun strategi yang dapat dilakukan oleh UD. Empat Putri untuk mengembangkan perusahaan pada posisi tumbuh dan berkembang yakni: Penetrasi pasar, Pengembangan pasar dan Pengembangan produk. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam hal pemilihan strategi pemasaran yang sesuai untuk memajukan bisnis yang dijalankan.


Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, dan Volume Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Toby, C., Bunga, M., Dhae, Y., & Fanggidae, A. (2024). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UD. EMPAT PUTRI. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(6), 1183-1195. https://doi.org/10.35508/glory.v5i6.16638
Section
Articles

References

Aditya, K., & Wardana, I. 2017. “Peran Brand Equity Dalam Memediasi Pengaruh Word of Mounth Terhadap Niat Beli.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Badrudin. 2013. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Baridwan, Zaky. 2004. Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada.
David, F. R. & David, F. R., 2017. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach. s.l.:Pearson.
Ginting, Nembah F. Hartilmbul. 2011. Manajemen Pemasaran Cetakan Ke-1. Bandung: CV YRAMA WIDYA.
Laksana, Mumhammad Fajar. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Muliins, Jhon W & Walker Jr, Orvile C. 2013. Marketing Manajemen : A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Mulyadi, 2012.Akuntansi Biaya Edisi Ke 5. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Philip, Kotler & Amstrong, Gary. 2016. Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Philip, Kotler & Keller, Kevin L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 Dan 2. Jakarta: PT Indeks.
Rahardjo, Budi. 2000. Keuangan Dan Akuntasi Untuk Manager Non Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantatif, KualitatifR&D. Bandung. Alphabet.
Stanton, Wiliam J. 2013. Prinsip Pemasaran. Ali Bahasa Oleh Buchari Jilid Satu Edisi - 10. Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 2006. Kampus Akuntasi. Bandung: Pustaka Grafika.
Tjiptono,F & Diana, A. 2020. Pemarasan. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip Dan Penerapan Edisi 1. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Wangarry, L. Calvin, Tumbel Altje & Karuntu, . M. Merlyn. 2018. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Universitas Sam Ratulangi.” Jurnal EMBA Vol. 6 No. 4 September 2018.
Winardi. 2003. Interpreneur & Enterpreneurship. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.