ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI FINANSIAL (FINTECH) TERHADAP MINAT KONSUMEN GENERASI X DI KOTA KUPANG

Main Article Content

Khanza Soraya Khairiyah Kusnadi
Christien C Foenay
Yuri S Fa'ah
Paulina Y Amtiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Technology (Fintech) terhadap minat konsumen generasi X di kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis deskripsi kuantitatif yang menggunakan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen generasi X, keamanan berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen generasi X, manfaat berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen generasi X, sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan finansial teknologi memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan, memastikan keamanan, dan memberikan banyak manfaat bagi generasi X di Kota Kupang.


Kata Kunci : Fintech, Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Manfaat, Minat Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusnadi, K., Foenay, C., Fa’ah, Y., & Amtiran, P. (2025). ANALISIS PENGARUH TEKNOLOGI FINANSIAL (FINTECH) TERHADAP MINAT KONSUMEN GENERASI X DI KOTA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(3), 815-824. https://doi.org/10.70581/glory.v6i3.18437
Section
Articles

References

Arner, D. W., Barberis, J. N., & Buckley, R. P. (2016). The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? SSRN Electronic Journal, October 2018. https://doi.org/10.2139/ssrn.2676553
Harrison, R., Flood, D., & Duce, D. (2013). Usability of mobile applications: literature review and rationale for a new usability model. Journal of Interaction Science, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/2194-0827-1-1
Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Katon, Y. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). Jurnal Signal, 8(2), 134. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3490
Lidya, Rieka, S. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Jurnal Ekonomi Digital, 3(2), 21–27.
Nursiah, N. (2017). Pengaruh Perceived Ease of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Behavior Intention To Use. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(2), 39–47.
Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Sareen, M. (2015). Perceived Security as Trust Indicator Adoption of Internet Banking in a Developing Country: An Empirical Study. 6(3), 15
Utami, S. S. (2017). Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Balance, XIV(2), 29–41.
Venkatesh, V., Morris, M. G., B, G., & Davis, F. D. (2003). User Acceptence of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, Vol. 27(3), 425–478. https://doi.org/10.1016/j.inoche.2016.03.015