PERAN CROSS SELLING DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK TABUNGAN FLOBAMORA PELAKU USAHA BANK NTT KCU KUPANG

Main Article Content

Helena Helena
Apriana H J Fanggidae
Yosefina K I D D Dhae
Rolland E Fanggidae

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia perbankan di Indonesia juga semakin berkembang, Dalam industri perbankan, memuaskan nasabah menjadi hal utama yang tidak boleh diabaikan, kemampuan sistem perbankan untuk melaksanakan fungsinya dengan efisien, tergantung pada manajemen bank yang sehat dan efisien. Pemasaran merupakan sebuah langkah efektif untuk memperkenalkan suatu kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan terhadap masyarakat luas dan memperoleh lebih banyak nasabah. Agar dapat mempertahankan nasabah pihak bank melakukan berbagai cara seperti mempromosikan produk melalui iklan, majalah dan juga surat kabar. Oleh sebab itu, pemasaran bank mempertimbangkan opsi lain untuk menarik minat masyarakat agar tetap menjadi nasabah pada Bank NTT Kantor Cabang Utama Kota Kupang, guna menawarkan dan menjual produk serta layanan perbankan, salah satunya dengan menerapkan konsep cross selling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran cross selling dalam meningkatkan nasabah produk tabungan flobamora pelaku usaha bank NTT KCU Kupang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdengan jenis penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peran cross selling dianggap efektif dalam meningkatkan nasabah.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Cross Selling, Peningkatan Nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Helena, H., Fanggidae, A., Dhae, Y., & Fanggidae, R. (2025). PERAN CROSS SELLING DALAM MENINGKATKAN NASABAH PRODUK TABUNGAN FLOBAMORA PELAKU USAHA BANK NTT KCU KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(4), 1243-1249. https://doi.org/10.70581/glory.v6i4.19442
Section
Articles

References

Apris, A., & Dahmiri, D. (2022). Relationship Marketing Dan Cross Selling Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(02), 207–218. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i02.12631
Basu, S. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM.
Indonesia, I. B. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Gramedia Pustaka Utama.
Ismail, M. A. (2022). Analisis Strategi Cross Selling Dari Frontliner Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Menggunakan Jasa Produk Transfer Uang Tunai di Pt Bank Rakyat Indonesia …. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16755%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/16755/1/MOCH ANWAR ISMAIL_E20171115.pdf
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan. PT RajaGrafindo.
Kotler & Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.
Kotler & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Ed).
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Ed). Erlangga.
Kotler, P. (2016). Marketing Management (15th ed).
Mawaddah, S. A. (2024). Analisis Peran Cross-Selling Dalam Peningkatan Penjualan Produk Perbankan (Studi Kasus Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Oebobo). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 45–50. https://doi.org/10.62017/jemb
Nisa. (2020). Peranan Cross selling Terhadap Peningkatan Nasabah Produk Tabungan Bank BTN Syariah. Granmedia, 35. http://digilib.iain-jember.ac.id/904/1/1.pdf
Oslon & Shi. (2008). Pengantar Ilmu Penggalian Data Bisnis. Salemba Empat.
Surveyandini, M. (2016). Cross Selling & Cross Buying (Pemahamannya dalam Dunia Pemasaran). Depublish.
Yulianto, E. (2017). Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Cross Selling Nasabah PT. Bank Madiri Persero TBK. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 5(1), 745.