Penerapan Metode PAKEM dengan LKPD Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Bagi Siswa Katolik Kelas IV SDN Bokong 2

  • Johana J Talan(1*)
    SD Negeri Bokong 2
  • (*) Corresponding Author
Keywords: literasi, numerasi, hasil belajar, PAKEM, agama katolik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode PAKEM dengan LKPD berbasis literasi dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama katolik siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Bokong 2 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD yang beragama katolik. Instrumen pengumulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PAKEM berbantuan LKPD berbasis literasi dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bokong 2 pada pembelajaran pendidikan agama katolik. Hal ini tergambar dari adanya peningkatan dan tercapainya kriteria minimal aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pendidikan agama katolik siswa kelas IV SDN Bokong 2 setelah dibelajarkan dengan metode PAKEM berbantuan LKPD berbasis literasi. Persentase siswa yang mencapai KKM di siklus 2 adalah 100% dengan rata-rata klasikal mencapai 80,00. Hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil belajar siklus 1 dimana persentase siswa yang mencapai KKM hanya 50% dengan rata-rata klasikal sebesar 65,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apdaludin. (2020). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains Dalam Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Ipa-Biologi, Universitas Islam Negeri Mataram.
Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Egguaka Odel Srale. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 135.
Berliana, A. O. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Penanaman Minat Baca dan Disiplin Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalsari 02 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang.
Boli, B. A. P., & Horan, E. T. (2022). Peran Pendidikan Agama Katolik dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(3), 72-76.
Bota, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Langsung dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Solidaritas Siswa-Siswi Kelas IX SMP Stella Duce 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Progarma Studi Pendidikan Agaman Katolik, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Djogo, E. D. S. M. (2019). Problematika Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Sebagai Ladang Bagi Penanaman dan Perkembangan Nilai-Nilai Kristiani. (Skripsi). Program Masgister Ilmu Teologi, Universitas Katolik Parahyangan Banfung.
Fadila, N. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, dan Kinestetik) pada Penerapan Model Pembelajarainkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Man I Dompu Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi). Jurusan Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Mataram.
Jainuddin, Mubarik, & Bahri, S. (2021). The Effect of the Pakem Method in Increasing the Learning Motivation of Class V Students of SD Negeri 124 Batuasang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 186-193.
Khairunnisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Block Dienes Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN 235 Bolong Kabupaten Luwu. (Skripsi). Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar.
Khoiriyah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas Melalui Model PAKEM pada Siswa Kelas VI SDN Sugihwaras Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(6), 838-852.
Meilasari, 2021). Penerapan Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. (Skripsi). Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Mulyani, Antosa, Z., & Erlisnawati. (2015). Penerapan Model PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan) untuk Menigkatkan Keterampilan Membuat Topeng pada Siswa Kelas V SDN 169 Pekanbaru. jurnal online mahasiswa, 2(2), 1-12.
Nardawati. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Iman Kepada Hari Akhir dengan Metode Numbered Head Together di kelas VI SD Dendang. Jurnal Literasiologi, 4(1), 7-15.
Ndiki, S. N., & Sidi, F. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Penajam Paser Utara dengan Menggunakan Metode Naratif Eksperiensial dalam Pelajaran Agama Katolik pada Materi Gereja Sebagai Persekutuan. GAUDIUM VESTRUM: Jurnal Kateketik Pastoral, 1(1), 43-52.
Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah dan Cerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik udntuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik di Kota Madiun Skripsi Sarjana Strata Satu (S1). (Skripsi). Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana Madiun.
Putra, Sudirtha, & Sunarya, (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Mendoyo Tahun Pelajaran 2012/2013. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Inform atika (KARMAPATI), 2(6), 951-955.
Sangadji, H., & Marasabessy, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pakem untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 162 Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Sains Fisika, 2(2), 21-38.
Sari, S. A. D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains dengan Tema Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup untuk Kelas VII SMP. (Skripsi). Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Simbolon, E., Tibo, P., & Matondang, R. H. (2021). Efek Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan terhadap Prestasi Akademik Pendidikan Agama Katolik Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Swasta Santo Xaverius 2 Kabanjahe. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katoli, 1(2), 134-148.
Sutomo. (2017). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dengan Metode Tim Kuis untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X KKY 1 Materi Menyiapkan Proses Konstruksi Kayu pada SMK Negeri 1 Wonoasri Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Studi Agama, 5(7). 191-226.
Udil, P. A., & Sangur, L. F. (2020). Penggunaan Media Komik Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 57-69.
Yuliarni, T. (2014). Penerapan Pakem dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I Semester I SDN Tanggul Kulon 01 Tahun Pelajaran 2009/2010. Pancaran Pendidikan, 3(4), 47-58.

PlumX Metrics

Published
2023-06-16