Peningkatan Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar melalui Games Kata Siswa Kelas 1 SDN Bijaesahan Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Ester Mudak(1*)
    SDN Bijaesahan
  • (*) Corresponding Author
Keywords: games kata (word games); Penelitian tindakan kelas (Classroom action research)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Bijaesahan masih tergolong rendah, yang menyebabkan hasil belajar siswa pun rendah. Hal ini disebabkan karena Pembelajaran membaca bagi siswa kelas 1 di SDN Bijaesahan selama ini masih belum mengoptimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah. Proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional yaitu dengan menggunakan papan tulis dan pembelajaran hanya berpusat kepada guru. Hal ini menyebabkan kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat rendah. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa kelas 1 SD Bijaesahan menggunakan Games Kata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu (1) sikap dan eksplorasi siswa berada pada kategori amat baik (rasa ingin tahu) dan baik (tanggung jawab, kemandirian dan kerja sama); (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori amat baik; dan (3) persentasi siswa yang memperoleh nilai minimal sesuai dengan KKM adalah 86,67%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djuanda, Dadan. (2006). Pembelajaran Bahasa yang Komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta: Dirjen Dikti.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
Pratiwi, P. I., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD No. 6 Dalung. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127.
Suriani., B, Sahrudin., & Efendi. (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Ginunggung melalui Media Kartu Huruf Kec. Galang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 62-77.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Pedagogia.

PlumX Metrics

Published
2023-06-16