Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran

  • Sarah Zacharias(1*)
    SDN Bijaesahan
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Keliling dan Luas Lingkaran, Discovery Learning

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi dalam pembelajaran matematika di SDN Bijaesahan, kecamatan Takari Kabupaten Kupang adalah hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Untuk menjawab masalah tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Bijaesahan kelas VI pada materi keliling dan luas lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Jumlah subjek penelitian sebanyak 11 orang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Peneltian ini dilaksanakan dalam dua siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada materi keliling dan luas lingkaran di SDN Bijaesahan. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu (1) sikap dan eksplorasi siswa berada pada kategori amat baik (rasa ingin tahu, tanggung jawab dan kerja sama) dan baik (kemandirian); (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori amat baik; dan (3) persentasi siswa yang memperoleh nilai minimal sesuai dengan KKM adalah 90,90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 1, 570–576.
Sherviyana, & Mansurdin. (2020). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2083–2096.
Suparno, M. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma
Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

PlumX Metrics

Published
2023-06-23