Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa

  • Maria Kardina Nali(1*)
    SD Negeri Bokong 2
  • (*) Corresponding Author
Keywords: model kooperatif, kartu kata bergambar, hasil belajar, kemampuan membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa terkait kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Bokong 2 Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas I SD dan seorang guru. Instrumen pengumulan data dalam penelitian ini antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas I SDN Bokong 2 terkait kemampuan membaca permulaan. Hal ini tergambar dari adanya peningkatan dan tercapainya kriteria minimal aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas I SDN Bokong 2 setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media kartu kata bergambar. Persentase siswa yang mencapai KKM di siklus 2 adalah 83% dengan rata-rata klasikal mencapai 85,00. Hasil ini meningkat dibandingkan dengan hasil belajar siklus 1 dimana persentase siswa yang mencapai KKM hanya 69% dengan rata-rata klasikal sebesar 73,60.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mustatiroh. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas I SD Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 940-945.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rimhasni. (2020). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 009 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Edu Research, 9(2), 38-47.
Hayati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca dan Menulis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 1(1), 53-61.
Salmawati. (2018). Keefektifan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Murid Kelas I SD Inpres Barua Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Suwarti. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Metode Berpikir Berpasangan Berbagi Siswa Kelas 4 SD Negeri 6 Sindurejo Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Jurnal Waspada UNDARIS, 5(1), 36-54.
Suparmi. (2012). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 108-118.
Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.

PlumX Metrics

Published
2023-06-10