Desain Pembelajaran Matematika Realistik Konteks Permainan Anak Lego Pada Materi Volume Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD GMIT Atambua 3

  • Febriyani Neno(1*)
    Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Siprianus S. Garak(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Damianus D. Samo(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Desain pembelajaran, volume kubus dan balok, PMR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran matematika realistic konteks permainan anak lego untuk materi volume kubus dan balok di kelas V SD GMIT Atambua 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design research yang difokuskan pada pengembangan desain pembelajaran dalam bentuk hypothetical learning trajectory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan melibatkan 6 siswa pada siklus pilot experiment dan 21 siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SD GMIT Atambua 3 dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu lintasan pembelajaran (Learning Trajectory) melalui pendekatan PMR yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi volume kubus dan balok di SD GMIT Atambua 3. Learning trajectory yang dihasilkan pada penelitian ini terdiri atas 10 aktivitas dimana pendekatan PMR menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J.V.D., dkk. (2013). Educational Design Research-Part A: An Introduction. Enschede: Netherlands Institute for Curiculum Development (SLO)
Huda, M. A. (2013). Pembelajaran Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendekatan RME untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 390–396
Kohar, A. W., Fatoni, F., & Satiti, W. S. (2012). Desain Pembelajaran PMRI 5: “Butuh berapa kotak kue lagi agar kardus itu penuh?” (Deskripsi Pembelajaran Volume Balok dan Kubus di Kelas 5C SD N 1 Palembang) oleh: 5th Observation Report of Classroom Observation, 1–16.
Retta, A. M. (2016). Penggunaan Iceberg dalam Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 72–80
Rohmah, I. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Kotak Musium. Seminar Problematika Pembelajaran Matematika. Tulungagung Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Tintia, N. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Lego dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun di Creativ kids And U Art Bandar Jaya Timur. (Skripsi). Program Studi Pendikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Yuliana, R., & Sofnidar. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275.

PlumX Metrics

Published
2023-06-25