Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat

  • Alfrida Saronita Fobia(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Juliana M. H. Nenohai(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ofirenty E. Nubatonis(3)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Pecahan

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang pendidikan menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menciptakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan smartphone andoid untuk membantu peserta didik dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Smart Apps Creator pada materi pecahan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Amanuban Barat yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan yang valid, praktis, dan efektif. Rata-rata total kevalidan yang diperoleh berdasarkan penilaian validator adalah 4.55, dengan kategori sangat valid. Rata-rata kepraktisan oleh guru adalah 4.8, rata-rata kepraktisan pada uji coba kelompok kecil adalah 4.7, dan rata-rata kepraktisan pada uji coba kelompok besar adalah 4.6 dengan kategori sangat praktis. Presentase ketuntasan uji coba kelompok kecil diperoleh 100% dan uji coba kelompok besar diperoleh 81.81% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adu, J. Pitropoli. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunkan Smart Apps Creator Pada Materi Pola Bilangan Untuk Siswa Kelas VII SMPK Kristen Tunas Gloria. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusa Cendana, Kupang.
Anggraeni, R. D., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan media animasi fisika pada materi cahaya dengan aplikasi flash berbasis android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11 -18.
Kahraman, M. O. (2015). Game Based Education With Android Mobile Devices. 6th Internasional Conference On Modelling, Simulation, And Applied Optimization, ICMSAO 2015- Dedicated To Memory Of Late Ibrahim El- Sade, 4-7. https://doi.org/10.1109/ICMSAO.2015.7152220
Khasanah, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Smart Apps Creator (SAC) Bagi Karyawan Penjual Pada Tv Berbayar Akademika. vol 9, no. 2. https://uia.e-journal.id/akademika/article/download/819/652d diunduh pada 23 Mei 2022.
Resty & Jaslin. (2006). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal inovasi Pendidikan IPA, Vol.2, No. 1, hal 88-99 diunduh pada 21 mei 2022
Risma. (2019). Pengembangan Android Mobile Learning Menggunakan Mit App Inventor Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dasar-Dasar Logika. (Skripsi) . Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Negeri RadenIntan Lampung, Lampung.
Setyatama, F (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Menunjang Pembelajaran Pada Materi Pecahan SMP Kelas VII.Universitas Negeri Malang.Jawa Timur.
Sudjiono, A. (2010). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D).Bandung: Alfabeta
Sulisworo, D. (2012). Enabling ICT and knowledge management to enhance competitiveness of higher education institutions. International journal of education, 4(1), 112-121.
Surya, M. (2006). Potensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Dikelas. Di dalam: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pendidikan Jarak Jauh Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran;Jakarta
Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi LengkungUntuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 60-67).

PlumX Metrics

Published
2023-06-25