Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri I Malaka Barat Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Vinsensius Klau(1*)
    SMA Negeri 1 Malaka Barat
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, Prestasi Belajar, Model Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Malaka Barat dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jigsaw secara signifikan meningkatkan kinerja siswa. Di akhir siklus, kosakata, tata bahasa, dan motivasi siswa meningkat. Setelah penerapan Jigsaw, nilai ujian siswa meningkat dari 65% menjadi 85%. Pengamatan juga menunjukkan partisipasi siswa dalam diskusi Jigsaw dan kemampuan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Berdasarkan analisis data, metode Jigsaw meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Malaka Barat. Metode ini mendorong kolaborasi siswa yang aktif, meningkatkan pemahaman bahasa, mengurangi kata-kata, dan meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan bahasa Inggris. Studi ini menyarankan agar guru dapat menggunakan Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif lainnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Johnson, D.W., & Johnson, R.T. (1994). Belajar Bersama dan Sendiri: Pembelajaran Kooperatif, Kompetitif, dan Individualistik. Boston: Allyn & Bacon.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi dan Pendekatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). Perencanaan Tindakan Tindakan. Australia: Universitas Deakin.
Nunan, D. (2003). Pembelajaran Bahasa Inggris yang Praktis. New York: McGraw-Hill.
Richards, J.C., & Rodgers, T.S. (2014). Pendekatan dan Metode dalam Pengajaran Bahasa. Inggris: Universitas Cambridge.
Slavin, R.E. (1995). Pembelajaran Kooperatif: Teori, Penelitian, dan Praktik. Boston: Allyn & Bacon.

PlumX Metrics

Published
2023-06-28