Analisis Perbandingan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2023 Berbasis Jalur Masuk di Universitas Nusa Cendana

  • Falen Rohi Kari(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Moses Kopong Tokan(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Arini Rahma Dhani(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Mario Justinianus Santrum(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: ANOVA, Prestasi Akademik, Jalur Masuk, Kruskal-Wallis, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk (1) Menganalisis perbandingan minat belajar mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2023 berdasarkan jalur masuk di Universitas Nusa Cendana. (2) Menganalisis perbandingan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2023 berdasarkan jalur masuk di Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif. Sampel penelitian berjumlah 84 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data minat belajar dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester I dan semester II. Analisis data dilakukan menggunakan uji Kruskal-Wallis untuk minat belajar dan IPK semester II, serta uji one-way ANOVA untuk IPK semester I. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) uji kruskal-Wallis terhadap minat belajar menghasilkan H = 4,159 dengan (p = 0,125), (2)  uji ANOVA terhadap IPK semester I menunjukkan F = 0,066 dengan (p = 0,936), dan (3) uji Kruskal-Wallis terhadap IPK semester II menghasilkan H = 5,025 dengan (p = 0,081). Ketiga hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan jalur masuk (p > 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa jalur masuk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat maupun hasil belajar mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2023 di Universitas Nusa Cendana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, I. F. 2019. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 3(1): 76-85.

Anas, S. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aprijal, Alfian, dan Syarifudin. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1): 76-91.

Ardianto, E. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arends. 2008. Learning To Teach- Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, A. M. 2021. Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, 5(3): 197-203.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arinda Firdianti, M. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.

Astuti, S. P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1): 68-75.

Astuti, T. D., & dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Damayanti, A. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1): 99-108.

Danim, S. 2004. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu Perilaku. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.

Fatirani, H. 2022. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Sistem Ekskresi Manusia. Lombok Tengah, NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Firdawati, L. 2021. Efektivitas Metode Suggestopedia Menggunakan Musik Klasik Terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Smp Negeri 01 Lobong. Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Freankel, J., & wallen, N. 2008. How Design and Evaluate in Inducation. E-Book.

Fuad, Zaki Al. dan Zuraini. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2): 42-54.

Hartono. 2008. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Kemasyarakatan Dan Perempuan.

Hendriana. 2024. Standar Pelayanan Minimal, Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data Provinsi NTT Berdasarkan Capaian Tahun 2023/2024. BPMP Provinsi NTT. Kupang.

Hidi, Suzanne & Renninger, K. Ann. 2010. The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2): 111-127.

Hidi, S., & Renninger, K. A. 2006.The four-phase model of interest development.Educational Psychologist, 41(2):111–127.

Hidi, S., & Harackiewicz, J. 2000. Motivating the academically unmotivated: A critical issue for the 21st century. Review of Educational Research, 70(2): 151–179.

Husaini, F. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Husna, K. 2016. Hubungan Minat Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh. 80 hlm.

Jamil, S. 2017. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurean Triabdi, F. D. 2021. Hubungan Seleksi Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Palangkaraya. Jurnal Kedokteran, IX, 3.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.

Kalsum, U. 2022. Problem Based Learning Motivasi Belajar Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan Dan Penelitian Indonesia.

Karina, R. M., Syarina, A., dan Habibah. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelasa V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1): 61-77.

Knekta,Eva, Rowland, Ashley A., Corwin Lisa A. and Eddy, S. 2020. Measuringuniversitystudents’ interest inbiology: evaluation of an instrumenttargeting Hidi and Renninger’s individualinterest. International Journal of STEM Education, 7(23): 1-16.

Leksono, A.S. 2011. Keaneka Ragaman Hayati: Teori dan Aplikasi. Malang: Elektronik Pertama & Terbesar Di Indonesia.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Mas’ud, F., Kale, D. Y. A., Gero, H. M. E., Kolianan, J. B., Sabariman, H., & Peranginangin, I. I. (2025). Studi Masyarakat Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Nurul Ulya, F., M., D. (2024, Juli 11). Jokowi: Daya saing naik sampai 7 level, tapi pendidikan dan kesehatan masih rangking 57-58. kompas.

Pitaloka, R.N., Soegeng, A.Y., dan Ardiyanto, A. 2022. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Sarirejo 03 dengan Siswa Kelas VI SD Negeri Sukoharjo 03 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1): 205-216.

Prastika, Y. D. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Matematika Realistik, 1(2): 17-22.

Priadana, S. H., & Sunarsi, D. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangeran Selatan: Pascal Books.

Prihatin, M. S. 2017. Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyangan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(4): 443-450.

Purwati, Ni Nyoman., Suryawan, I Putu Pasek & Apsari, Ratih Ayu. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Putri, D. J., Angelina, S., Claudia S., dan Mujazi, R. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Di Kecamatan Larangan Tangerang. Dalam: Universitas Esa Unggul. editor. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin. Seminar Nasional, 2017. Tangerang. Universitas Esa Unggul. Tangerang.

Rahman, A. G. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Berdasarkan Jalur Masuk Dan Asal Sekolah Pada Matakuliah Matematika Dijurusan Teknik Mesin FT-UNP. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(1): 163-170.

Rizal, R. S., Harjono, N., dan Airlanda, G.S. 2018. Perbaikan Proses Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Tema 4 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Siswa Kelas 5 SD Negeri Dukuh 01 Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2017/2018. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1): 207-213.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sawitri, E. R. 2022. Model Discovery Learning Berbentuk Komik untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Siduarjo: Uwais Inspirasi Indinesia.

Sevima. 2022. Berapa Rasio Jumlah Dosen dan Mahasiswa yang Ideal? Ini Aturannya. https://sevima.com/berapa-rasio-jumlah-dosen-dan mahasiswa-yang-ideal-ini-aturannya/. Diakses 19 April 2025.

Sihombing, J.S., Purnawan, P.E., Sababalat, K.Z., Tafonao, T. 2024. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2): 106-118.

Silalahi, U. (2018). Metodologi Analisis Data dan Interpretasi Hasil untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Rafika aditama.

Septiani, S., Nababan, H. S., Siregar, R. W., Romadhon, K., Sampe, F., Saptadi, N. T. S., Thoif, M., Holid, A., Novianti, W., Hadikusumo, R. A., Maulani, G., Wardoyo, T. H., Usnur, U. H., Riyadi, T., & Nurina, C. I. E. (2024). Manajemen Pendidikan Tinggi. Sada Kurnia Pustaka.

Siregar, S. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT BumiAksara: Jakarta

Siregar, H.T. 2024. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(2): 215-226.

Sobandi, S. N. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 128-135.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Rafika Aditama.

Susanto, A. 2022. Pentingnya Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Indonesia Emas Grup.

Susanto, T. 1998. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Semarang: IKIP Semarang.

Susilowati, D. 2019. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matermatika Tentang Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan Berbeda Penyebut Melalui Pendekatan Realistic Matehematic Edukation (Rme). Jurnal Pendidikan, 2(1): 1-120.

Syafrial, H. 2022. Penelitian dan Statistika. Yogyakarta: PT. Nas Media Indonesia.

Syarifudin, A. A. 2020. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tampuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1): 76-91.

Trygu. 2021. Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. Jawa Barat: Guepedia.

Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.

Wahyubungsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Winkel, W.S. 1986. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia. 30 hlm.

Wulandari, R. 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Jambi, 3: 1-13.

Yandi, A., Putri, A. N. K., dan Putri, Y. S. K. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1): 13-24.

Yasmin Kamila, A. S. 2023. Analisis Hubungan Antara Jalur Masuk Universitas Dengan Predikat Kelulusan Mahasiswa. Zeta-Meta Jurnal, 8(1): 23-29.

Zainuddin, M. D. 2011. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.

PlumX Metrics

Published
2025-11-30