Skip to main content
Skip to main navigation menu
Skip to site footer
Home
Current
Archives
About
About the Journal
Submissions
Editorial Team
Privacy Statement
Contact
Search
Search
Register
Login
Home
/
Archives
/
Vol 5 No 3 (2025): Edisi Desember 2025
DOI:
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3
Published:
2025-12-01
Articles
Mindfulness Journaling Sebagai Upaya Membangun Ketahanan Emosional Remaja di Tengah Konflik Keluarga
Yeni Marito,
Universitas Negeri Medan, Indonesia
1-10
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25827
PDF
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP N 14 Takari
Irene Imanuela Lanny,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Siprianus Suban Garak,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Damianus Dao Samo,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
11-21
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.24076
PDF
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Perkalian Ditinjau Dari Tingkat Kesalahan Siswa
Livia Eunike Paut,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Kartono Kartono,
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Zaenuri Zaenuri,
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Putut Marwoto,
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
22-31
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25766
PDF
Civic Resilience di Era VUCA: Peran Literasi Bahasa dalam Pembentukan Warga Negara Reflektif di Kota Kupang
Fadil Mas'ud,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Izhatullaili Izhatullaili,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Dorkas Yufice Ariyanti Kale,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Irham Wibowo,
Universitas Khairun, Indonesia
32-46
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25847
PDF
Pendidikan Multikulural, Pendidikan Kedamaian, dan Pendidikan Inklusif: Perbedaan dan Urgensinya di Indonesia
Rahma Awalia,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Najamuddin Najamuddin,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Alimin Alwi,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
M. Yunasri Ridhoh,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
47-66
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25190
PDF
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model PBL Materi Sistem Ekskresi Manusia SMA Sint Carolus Kupang
Marieta Roswita Wea,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Andam Ardan,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Mbing Maria Imakulata,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Angela Gabriela Lika,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
67-75
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26170
PDF
Kearifan Lokal Sebagai Pilar Perdamaian: Analisis Tradisi Resolusi Konflik Keagamaan dalam Konsep “Palembang Zero Konflik”
Riza Adelia Suryani,
Universitas Sriwijaya, Indonesia
76-90
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25840
PDF
Kesadaran Politik Mahasiswa Pemilih Pemula PPKn Universitas Nusa Cendana pada Pemilu Presiden 2024
Thomas Kemil Masi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Anjulin Yonatan Kamlasi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Petrik Yohanes Meok,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Fridolin Vrosansen Borolla,
Universitas Pattimura, Indonesia
91-99
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26000
PDF
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini
Theodorina Novyani Seran,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Gallex Simbolon,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Credo Gregory Betty,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Sri Darmawati Bait,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
100-108
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25760
PDF
Analisis Perbandingan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2023 Berbasis Jalur Masuk di Universitas Nusa Cendana
Falen Rohi Kari,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Moses Kopong Tokan,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Arini Rahma Dhani,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Mario Justinianus Santrum,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
109-124
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.23339
PDF
Inovasi Metode Pembelajaran Inquiry untuk Penguatan Nilai-Nilai Karakter Kewarganegaraan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Anjulin Yonathan Kamlasi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Fredik Lambertus Kollo,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Thomas Kemil Masi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Dorkas Yufice Aryanti Kale,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Melinda Ratu Radja,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Fadil Mas'ud,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Makarius Erwin Bria,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Kevi Listiana Fransisca Taneo,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
125-136
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25982
PDF
Kesalahan Fonologis dalam Komunikasi Antar-Etnis di Kota Kupang: Implikasi Pedagogis untuk Guru Bahasa Indonesia
Izhatullaili Izhatullaili,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
136-147
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26259
PDF
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Materi Laju Reaksi Menggunakan Pembelajaran Konstruktivistik
Daud Dakabesi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Tiwi Nur Astuti,
Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
148-161
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25773
PDF
Kesenjangan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Status Sosioekonomi
Daniel Williams Fointuna,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
162-175
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26270
PDF
Dampak Penggunaan Teknologi Generative Artificial Intelligences (GenAI) Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin
Bun Yan Khiong,
Universitas Tanjungpura, Indonesia
Lily Thamrin,
Universitas Tanjungpura, Indonesia
176-184
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26337
PDF
Efektivitas Multimedia Pembelajaran Berbasis Cerita Digital sebagai Inovasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
Muhammad Nur Abdullah,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Nurul Fatin Rafiudin,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
185-196
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26318
PDF
Indeks Dominansi, Keanekaragaman, dan Kemerataan Makrofauna di Bukit Umbul Kunci, Pesawaran, Lampung
Eka Annisa,
Universitas Lampung, Indonesia
Anjani Anjani,
Universitas Lampung, Indonesia
Nurhasanah Nurhasanah,
Universitas Lampung, Indonesia
Rani Putri Setiyowati,
Universitas Lampung, Indonesia
Aulia Cantika,
Universitas Lampung, Indonesia
Annisa Nurul Jannah,
Universitas Lampung, Indonesia
I Komang Angga Darma Yoga,
Universitas Lampung, Indonesia
Maghiza Kurnia Putri,
Universitas Lampung, Indonesia
Median Agus Priadi,
Universitas Lampung, Indonesia
Panggih Priyambodo,
Universitas Lampung, Indonesia
197-212
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26327
PDF
Penguatan Literasi Sains Siswa Melalui Modul Ajar Fisika Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Materi Impuls dan Momentum
Maria Enjelina Suban,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Anastasia Martha Kenek Udak,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Sonia Seliana Djara Dima,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
213-222
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26257
PDF
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Digital Berbasis PowerPoint Interaktif untuk Mendukung Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar
Muhammad Nur Abdullah,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
Nadya Budiman,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
223-232
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26319
PDF
Pengembangan E-LKPD Berbasis Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan di SMP Negeri 7 Kupang
Maria Susanti Mahinet,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
233-244
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25841
PDF
Penggunaan Model Discover Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa di kelas VIII K SMP Negeri 1 Kota Kupang
Wismi Jublina Salean,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Nikmah Nikmah,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yusnaeni Yusnaeni,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Andam S. Ardan,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
255-269
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25417
PDF
Students' Perception on The Use of The Bingo Game as a Gamification
Artika Wina Fitriani,
Politeknik Madyathika, Indonesia
Gigih Ariastuti Purwandari,
Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Actinis Muqsitha Paradista,
Universitas Harapan Bangsa, Indonesia
270-280
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26370
PDF
Hubungan Intensitas Mengikuti Kajian Islami terhadap Pembentukan Akhlak Remaja Mesjid Nurul Ikhlas Kota Padang: Pendekatan Kualitatif dalam Pendidikan Agama Islam
Sitto Rahmana,
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Indonesia
281-291
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26437
PDF
Persuasive Language in Indonesian Political Campaign Slogans of the 2024 Election: A Critical Discourse Analysis
Gigih Ariastuti Purwandari,
Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Kristianto Setiawan,
Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Indah Puspitasari,
Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
Lely Tri Wijayanti,
Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
292-300
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26441
PDF
Pendekatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Excellent Spirit Christian School (ESCS) Kupang
Gupuh Rahayu,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Santri E. P. Djahimo,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Novriani R. Manafe,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
301-307
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.25828
PDF
Implementasi Model Beyond Center And Circle Time Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Apple Tree
Yuliana Imelda Taunaes,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Kristin Margiani,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Gokma Nafita Tampubolon,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yohana Yuniati,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
308-316
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.24435
PDF
Blended Learning Berbasis Project-Based Learning untuk Penguatan Kompetensi Global Siswa dalam Pembelajaran IPS
Hilaria Patrisia Paula,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Anna Trifonia Tafuli,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Erna Maria Angelina Bone,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Maria Sempriyanti Padjo,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
317-324
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26492
PDF
Model Pembelajaran Berbasis Digital Storytelling dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sosial pada Peserta Didik SMP
Erlinda Apriana,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Martina Lele,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Liberius Rikko Amuntoda,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
325-331
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26494
PDF
Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Desa yang Efektif Pada Kecamatan Rote Barat
Sarlin Paleina Nawa Pau,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yohanis Umbu Laiya Sobang,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yohana Febiani Angi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Maria P. Leda Muga,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
332-339
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26522
PDF
Transformasi Ekonomi Lokal melalui Digitalisasi Pemasaran dan Literasi Keuangan pada Kelompok Wanita Tani di Desa Ajaobaki, Kabupaten Timor Tengah Selatan
Novi Theresia Kiak,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Sarlin Paleina Nawa Pau,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yuri Sandra Faah,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Maria Indriyani Hewe Tiwu,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Yohana Febiani Angi,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Clarce Sarliana Maak,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
Andri Paulus Loe,
Universitas Nusa Cendana, Indonesia
340-346
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26524
PDF
Scaleup Komersialisasi Produk Sasirangan Pewarna Alam berbasis Lahan Basah Melalui Literasi Keuangan dan Pemanfaatan Digital Marketing
Abdul Hadi,
Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Sudirwo Sudirwo,
Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Rusniati Rusniati,
Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Juhriansyah Juhriansyah,
Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
Ahmad Muammar,
Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
347-358
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26564
PDF
Menelaah Fenomena Pendidikan Luar Sekolah dalam Ilmu Antropologi: Kajian Kritis Enkulturasi, Kekuasaan, dan Proses Pelestarian Budaya
Rahmat Zulfikar Hamid,
Universitas Pattimura, Indonesia
Nurbaeti Nurbaeti,
Universitas Pattimura, Indonesia
Muh Kasim,
Sekolah Tinggi Ekonomi Pelita Buana, Indonesia
Alwi Usra Usman,
Universitas Negeri Makassar, Indonesia
359-366
DOI :
https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i3.26726
PDF
Editorial Team
Peer Reviewers
Focus & Scope
Author Guidelines
Online Submission
Publication Ethics
Peer Review Process
Article Processing Cost
Abstracting & Indexing
Contact
View My Stats
Manuscript Template
Recommended Tools
Accredited by
Language
English
Bahasa Indonesia
Information
For Readers
For Authors
For Librarians