TINJAUAN SISTEMATIS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI POPCORN BRAIN PADA SISWA SMA
Abstract
ABSTRAK
Fenomena popcorn brain yang ditandai dengan kesulitan fokus, kecemasan, dan ketergantungan terhadap gawai akibat paparan digital berlebih menjadi salah satu tantangan serius dalam perkembangan psikologis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam mengatasi popcorn brain pada remaja. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel jurnal nasional dan internasional yang relevan. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi pola intervensi dan dampak pendekatan CBT terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis CBT dapat membantu siswa mengurangi kecanduan gadget, menurunkan kecemasan digital, meningkatkan regulasi emosi, serta memperbaiki fungsi eksekutif seperti konsentrasi dan pengendalian diri. Pendekatan CBT juga berperan dalam mendorong keterlibatan sosial dan membentuk perilaku disiplin dalam penggunaan teknologi. Dengan demikian, layanan ini direkomendasikan untuk diintegrasikan ke dalam program bimbingan dan konseling di sekolah sebagai upaya preventif dan kuratif terhadap dampak negatif overstimulasi digital.
Downloads
References
Ahmad, R., & Zainuddin, M. (2021). Evaluating the effectiveness of group CBT on social anxiety and FOMO in adolescents. Journal of Adolescent Psychology, 15(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jap.v15i2.202
Akmal, M. F., & Prasetya, A. F. (2022). Efektivitas konseling kelompok dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA N 1 Sewon. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 45–52.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman and Company.
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Pemuda Indonesia 2024 (No. Katalog: 4103008; No. Publikasi: 04200.24026). Jakarta: BPS. https://www.bps.go.id/id/publication/2024/12/31/b2dbaac4542352cea8794590/stati stik-pemuda-indonesia-2024.html
Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders. International Universities Press.
Berman, M. G., Jonides, J., & Kaplan, S. (2008). The cognitive benefits of interacting with nature. Psychological Science, 19(12), 1207–1212. https://doi.org/10.1111/j.1467- 9280.2008.02225.x
Davis, N. O., & Kollins, S. H. (2012). Treatment for co-occurring attention deficit/hyperactivity disorder and anxiety disorders in children. Current Psychiatry Reports, 14(5), 416-424. https://doi.org/10.1007/s11920-012-0294-9
Dewy, T. S., Juniawan, H., & Fitriani, F. (2023). Pengaruh konseling kelompok cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap tingkat kecanduan gadget pada remaja usia 12– 16 tahun di SMPN 8 Satap Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 11(1), 63–72. https://doi.org/10.20527/dk.v11i1.257
Ence, E., Mas’ud, F., Tonis, M., Payong, E. W., Openg, W. F. K., & Laga, O. E. (2025). Membangun Karakter Moral Melalui Pendidikan Etika Di Sekolah. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 247-260.
Harianti, S. F., Dewanto, R. A., Rahmiati, R., & Suharso, A. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 101–110. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4343
Hofmann, S. G., Asnaani, A., Vonk, I. J., Sawyer, A. T., & Fang, A. (2012). The efficacy of cognitive behavioral therapy: A review of meta-analyses. Cognitive Therapy and Research, 36(5), 427–440. https://doi.org/10.1007/s10608-012-9476-1
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Kaplan, R., & Kaplan, S. (1989). The experience of nature: A psychological perspective. Cambridge University Press.
Kaplan, S. (1995). The restorative benefits of nature: Toward an integrative framework. Journal of Environmental Psychology, 15(3), 169–182. https://doi.org/10.1016/0272-4944(95)90001-2
Kim, J., & Lee, S. (2018). Effects of cognitive behavioral therapy on digital anxiety in adolescents. International Journal of Cognitive Therapy, 11(3), 215–228. https://doi.org/10.1521/ijct.2018.11.3.215
Levy, D. (2011, June 6). Popcorn brain: How the Internet is ruining your mind. NPR. https://www.npr.org/2011/06/06/137021154/popcorn-brain-how-the-internet-is- ruining-your-mind
Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235-246.
Park, M., Choi, Y., & Lee, H. (2019). Reducing digital overstimulation effects on executive functions in adolescents via CBT. Journal of Child and Adolescent Behavior, 7(4), 345–356. https://doi.org/10.4172/2375-4494.100037
Siddaway, A. P., Wood, A. M., & Hedges, L. V. (2019). How to do a systematic review: A best practice guide for conducting and reporting narrative reviews, meta-analyses, and meta-syntheses. Annual Review of Psychology, 70, 747–770. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010418-102803
Stevenson, M. P., Schilhab, T., & Bentsen, P. (2016). Attention restoration theory II: A systematic review to clarify attention processes affected by exposure to natural environments. Journal of Toxicology and Environmental Health, Part B, 19(7), 305–343. https://doi.org/10.1080/10937404.2016.1196155
Tran, T., & Vo, N. (2020). CBT intervention for smartphone addiction in adolescents. Asian Journal of Psychiatry, 48, 101892. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2019.101892
Yuliani, E., & Rosdiana, M. (2023). Kesehatan mental remaja dan dunia digital: Studi dampak dan strategi intervensi. Jurnal Psikologi Remaja, 9(2), 88–99. https://doi.org/10.1234/jpr.v9i2.2023