KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B2 TK KRISTEN KARMEL KOTA KUPANG

  • Kristin Margiani(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Angelikus Nama Koten(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Credo G Betty(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Elisa Lawe(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: TPACK, Kemampuan Guru, Pembelajaran Kelompok

Abstract

Seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi, pedagogi, dan konten pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam memanfaatkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada pembelajaran di kelompok B2 TK Kristen Karmel Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara kepada guru kelas B2 dan kepala sekolah. Análisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih membutuhkan bantuan dalam pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan teknologi. Kemampuan pedagogi guru ditunjukan dengan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yang dilakukan secara mandiri. Terkait konten pembelajaran, guru mampu menyusun konten pembelajaran yang sesuai dengan usía anak dan mampu menggugah rasa ingin tahu anak. Dengan demikian, penting bagi guru untuk mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farikah, F., & Firdaus, M.M.A. (2020) Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2): 190–199

Ismail, M., Zubair, M., Alqadri, B., & Basariah, B. (2022) Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2442-2447

Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.

Mishra, P., & Koehler, M.J. (2006) Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054

Nurhayani, N., Yuanita, S.K.S., Permana, A.I., & Eliza, D. (2022) TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal BASICEDU, 6(1), 179-190

Purwanto, A.R., & Hasjiandito, A. (2025) Penerapan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dalam Pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Lembaga PAUD di Kecamatan Blora. Riwayat. 2277-2287

Rahmadi, I. F. (2019) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1): 65-74

Sulfemi, W. B. (2015) Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor 2015: Vol 1, 75–86. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor

Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.

Wiguna, A.C., Sardin, S., & Budiman, N. (2024) Hubungan Penguasaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Terhadap Motivasi Guru Dalam Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6(2), 116-127

PlumX Metrics

Published
2025-09-23
Section
Articles