KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN TPACK PADA PEMBELAJARAN DI KELOMPOK B2 TK KRISTEN KARMEL KOTA KUPANG
Abstract
Seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi, pedagogi, dan konten pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran yang bermakna dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam memanfaatkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada pembelajaran di kelompok B2 TK Kristen Karmel Kota Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara kepada guru kelas B2 dan kepala sekolah. Análisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih membutuhkan bantuan dalam pelaksanaan pembelajaran yang melibatkan teknologi. Kemampuan pedagogi guru ditunjukan dengan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yang dilakukan secara mandiri. Terkait konten pembelajaran, guru mampu menyusun konten pembelajaran yang sesuai dengan usía anak dan mampu menggugah rasa ingin tahu anak. Dengan demikian, penting bagi guru untuk mengikuti pelatihan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
Downloads
References
Farikah, F., & Firdaus, M.M.A. (2020) Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The Students’ Perspective on Writing Class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2): 190–199
Ismail, M., Zubair, M., Alqadri, B., & Basariah, B. (2022) Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2442-2447
Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.
Mishra, P., & Koehler, M.J. (2006) Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054
Nurhayani, N., Yuanita, S.K.S., Permana, A.I., & Eliza, D. (2022) TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal BASICEDU, 6(1), 179-190
Purwanto, A.R., & Hasjiandito, A. (2025) Penerapan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) dalam Pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Lembaga PAUD di Kecamatan Blora. Riwayat. 2277-2287
Rahmadi, I. F. (2019) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1): 65-74
Sulfemi, W. B. (2015) Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor 2015: Vol 1, 75–86. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor
Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.
Wiguna, A.C., Sardin, S., & Budiman, N. (2024) Hubungan Penguasaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Terhadap Motivasi Guru Dalam Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6(2), 116-127