Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP N 14 Takari

  • Irene Imanuela Lanny(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Siprianus Suban Garak(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Damianus Dao Samo(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah, Wondershare Filmora, SPLDV

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi wondershare filmora pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 14 Takari yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evalution (Evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kevalidan RPP sebesar 95,92%, kevalidan Bahan Ajar 97,5%, kevalidan Media ajar 93,3%, kevalidan LKPD 94,5% yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat yang dihasilkan praktis karena lembar penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik. Perangkat juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenada Media.

Daryanto, A. D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Hasna, Aufika. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perbandingan dan Skala Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII.

Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.

Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.

Munir, M., & Mahmudi, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Nur, M dan M.I. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press

Permendikbud Nomor 22. 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Rizki, F. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Aplikasi Microsoft Mathematics Pada Siswa Kelas Xi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sudjiono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Sudjiono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D. (2012). Enabling ICT and Knowledge Management to Enhance Competitiveness of Higher Education Institutions. International Journal of Education, 4(1), 112-121.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Syamsir, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaraan Matematika Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VII MTsN 1 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pemgembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1), 12-26.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.

PlumX Metrics

Published
2025-11-24