PENGEMBANGAN SMARTMATH POP-UP BOOK DILENGKAPI AUGMENTED REALITY SEBAGAI TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERACTIVE 3D-LEARNING MATEMATIKA SISWA SLB
Abstract
Di era digital saat ini beberapa sekolah masih kekurangan fasilitas teknologi yang menunjang pendidikan. Permasalahan ini berdampak pada proses belajar siswa, khususnya siswa berkebutuhan khusus yang memerlukan media inovatif dan interaktif sebagai penunjang. Kurikulum yang belum sepenuhnya adaptif dan minimnya penggunaan teknologi bantu menjadi kendala bagi siswa SLB dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dan alternatif yang tepat adalah media pembelajaran SmartMath Pop-Up Book dilengkapi Augmented Reality yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemaham belajar siswa SLB. Media ini menampilkan bentuk visual yang menarik dan interactive 3D learning, media ini juga menyajikan elemen digital dalam bentuk AR melalui scan QR Code yang mempermudah penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelayakan serta keefektifan media SmartMath Pop-Up Book untuk siswa SLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui pemberian Pre-Test, Post-Test, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SLB akan materi matematika dasar seperti berhitung dan bangun datar mengalami peningkatan setelah penggunaan media belajar SmartMath Pop-Up Book. Oleh karenanya, peneliti memberikan rekomendasi agar SmartMath Pop-Up Book dapat lebih dikembangkan bahkan diterapkan untuk pembelajaran lainnya, serta pendidik diberikan pelatihan ringan untuk memaksimalkan penggunaan media ajar SmartMath Pop-Up Book ini.
Downloads
References
As’zaroh, U. M., & Arianti, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Media Pop Up Book Berbasis Augmented Reality pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(3), 352–360. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i3.1862
Azzahra, A. F. (2020). Efforts to Equitable Education for Children with Intellectual Disabilities as an Alternative to Overcoming Social Problems in Children. Journal of Creativity Student, 5(1), 65–86. https://doi.org/10.15294/jcs.v5i1.36288
Bluemel, N. L., & Taylor, R. H. (2012). Pop-Up Books. ABC-CLIO, LLC. https://doi.org/10.5040/9798400699092
Daulay, N. S., Balqis, R., Ritonga, S. F. S., Siahaan, P. D., Sinaga, G. F., Rajali, M., & Tansliova, L. (2025). Hambatan dan Strategi dalam Pendidikan Inklusi Studi Kasus di SLB ABC Melati Aisyiah. 3(2), 259–270.
Firmansyah, F. F., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Qohar, A. (2022). Characterizations of Students’ Metacognition in Solving Geometry Problems through Positioning Group Work. TEM Journal, 11(3), 1391–1398.
Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1341–1351.
Idhartono, A. R. (2020). Keefektifan Media Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Tunagrahita Ringan di SLB. LITERATUS, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.37010/lit.v2i1.19
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7(6), e07309. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309
Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235-246.
Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Sharma, N., Pratap Yadav, V., & Sharma, A. (2021). Attitudes and empathy of youth towards physically disabled persons. Heliyon, 7(8), e07852. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07852
Siahaan, M. K. (2022). Education For Children With Special Needs. The Explora, 8(2), 14–27. https://doi.org/10.51622/explora.v8i2.642
Suparlan, H. (2014). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 1–19.
Szumski, G., Smogorzewska, J., & Grygiel, P. (2020). Attitudes of students toward people with disabilities, moral identity and inclusive education—A two-level analysis. Research in Developmental Disabilities, 102, 103685. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103685
Thanheiser, E. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? The Journal of Mathematical Behavior, 70, 101033. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033
UNICEF. (2016). Study On Stigmatization Of Children With Disabilities.
van Geel, M., Keuning, T., Meutstege, K., de Vries, J., Visscher, A., Wolterinck, C., Schildkamp, K., & Poortman, C. (2023). Adapting Teaching to Students’ Needs: What Does It Require from Teachers? In Effective Teaching Around the World (pp. 723–736). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31678-4_33
Volpe, G., & Gori, M. (2019). Multisensory Interactive Technologies for Primary Education: From Science to Technology. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01076
Yuwono, T., Ningrum, A. D. I., & Susilo, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning Membuktikan Luas Dan Keliling Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3091
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Action Research; Research and Development (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.