DIGITAL DETOX TIGA JALUR UNTUK PELAJAR DI ERA SOCIETY 5.0 MELALUI ZBG, JDH, DAN JID
Abstract
Perubahan besar dalam kehidupan masyarakat global terjadi akibat pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak. Kebiasaan peserta didik dalam menggunakan gawai secara berlebihan, bahkan di luar konteks belajar. Adiksi gawai tersebut memberi dampak nyata pada penurunan tingkat konsentrasi, prestasi belajar, serta menurunnya kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi secara sehat. Dalam konteks Society 5.0, yang mengdepankan harmoni antara kemajuan teknologi dan kualitas hidup manusia, penggunaan gawai berlebihan adalah tantangan yang perlu diatasi guna menciptakan peserta didik berkualitas. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dikembangkan solusi berupa program Digital Detox dengan serangkaian program edukatif seperti: Zona Bebas Gawai (ZBG), Jadwal Detox Harian (JDH), dan Jadwal Interaksi Digital (JID). Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan komparatif di dua sekolah menengah yang menerapkan kebijakan penggunaan gawai berbeda. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sukowono yang sudah menerapkan larangan gawai, dan anggota OSIM MAN 4 Banyuwangi yang belum menerapkan. 90% responden; setuju dengan program Digital Detox, ini merupakan dampak awal nyata dalam meningkatkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya menggunakan gawai dengan bijak di sekolah. Penelitian ini merupakan dasar yang diharapkan menjadi pijakan dalam pengembangan kebijakan berbasis data mengenai pola penggunaan teknologi oleh peserta didik.
Downloads
References
Alfitri, R., & Widiatrilupi, R. M. V. (2020). Dampak penggunaan internet terhadap perkembangan fisik remaja pada masa pandemi Covid-19 di Kota Malang. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 5(2), 173–184. https://doi.org/10.35842/formil.v5i2.329
Alkaf, S. S. Y., & Budiman, M. A. (2023). Peranan Lembaga Pengelola Zakat dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 3(1), 81–89.
Amalina, & Samat, N. A. (2025). Translation, Validation, And Reliability of The Smartphone Addiction Instrument in The Indonesian Version for Early Childhood. EDUCATUM Journal of Science, Mathematics and Technology, Vol. 12(12), 64–76. Retrieved from https://doi.org/10.37134/ejsmt.vol12.sp.7.2025
Annida, F. W., Setiadi, G., & Kuryanto, M. S. (2024). Dampak penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1575–1581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7218
Azizah, D. N., & Syafiq Humaisy, M. (2020). Kebijakan Sekolah Terhadap Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran Terpadu. Journal of Social Science and Education, 1(2), 117–131.
Bureni, E. N., Daro, K., Khotimah, K., Wandal, Y. R. L., Radja, D. C. L., & Mas’ud, F. (2025). Pembinaan Etika Siswa Melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 221-234.
Dalimunthe, M. B., & Lubis, S. C. (2023). Pengaruh Proses Belajar dan Ketersediaan Sarana Pendukung Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Selama Pandemi. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 11, 73–81. Retrieved from https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.8
Julmiran, A., & Ain, S. Q. (2024). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 1011–1018. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Sargandi, M., Yolanda, S., Karomah, R., Setianingtyas, W., & Irani, S. (2019). Kebijakan Sekolah dalam Penggunaan Gadget di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1). Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/login
Lestari, M. J. D., & Novianti, L. E. (2022). Smartphone Addiction of Early Adolescents During COVID-19 Pandemic. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(5), 618–625. Retrieved from https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1158
Margaretha, I., & Gina, F. (2023). Tendensi Smartphone Addiction dan Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa. Social Philantropic: Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Psikologi, 2(1), 1–7.
Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235-246.
Putra, A. A., Wahyuni, I. Wi., & Ajriyah, A. (2021). Pengetahuan Pengaruh Penggunaan Handphone pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu, 18(1), 79–89.
Sugiarti, Y., & Andyanto, H. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak dibawah Umur oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 9(2), 81–92.