EVALUASI PROGRAM BLENDED LEARNING TERHADAP DAYA JUANG MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL KIRKPATRICK

  • Seli Antonia Tagu Sunga(1*)
    Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Novi Kristiani Tahalele(2)
    Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Bazahati Laia(3)
    Sekolah Tinggi Teologi Nias
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Blended Learning, Daya Juang, Evaluasi KirkPatrick

Abstract

 Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta memiliki mahasiswa datang dari berbagai daerah, suku, ras, budaya, karakter dan bahkan pekerjaan. STT Ekumene sendiri menerima input mahasiswa dari berbagai daerah dengan tiga jenjang pendidikan yaitu Sarjana, Magister dan Doktor. Namun dalam pelaksanaannya jenjang magister dan doktor mengalami hambatan dikarenakan latar belakang mahasiswa yang berbeda- beda yang membuat mahasiswa sulit mengikuti jadwal perkuliahan dari kampus. Program Blended Learning menjadi jawaban yang tepat atas persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa.  Blended Learning sendiri adalah pembelajaran yang memadukan pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran tatap muka secara langsung di dalam kelas. Namun dalam kenyataannya masih banyak mahasiswa yang belum mampu datang ke kampus STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti program tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta untuk mengikuti Program tersebut. karena perkuliahan akan dilaksanakan dengan dua metode sekaligus dan menuntut mahasiswa untuk lebih mandiri dan memiliki semangat yang tinggi dalam menyelesaikan seluruh perkuliahan. sehingga penelitian ini diangkat untuk mengetahui efektivitas program Blended Learning terhadap daya juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta. dengan menggunakan penelitian Kualitatif dengan metode observasi dan wawancara di dapati bahwa program Blended Learning dapat meningkatkan Daya Juang mahasiswa di STT Ekumene Jakarta. Sehingga program ini dipandang efektif  dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, W. (2018, Juli 1). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. FIKROTUNA, 7(1), 2442-2401.
Alammary, A., Sheard, J., & Carbone, A. (2014). Blended Learning In Higher Education: Three Different Approaches. Australian Journal of Educational Technology, 30-40.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka.
KBBI. (n.d.). Daya Juang. KBBI Daring. Retrieved December 7, 2023, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012, April 18). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013, Desember 31). Peraturan Menteri nomor 109 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.
Kirkpatrick Evaluation Method – BusinessBalls.com. (2023, November 6). BusinessBalls. Retrieved December 7, 2023, from http://www.businessballs.com/kirkpatricklearningevaluationmodel.htm
Kurniawati, R. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi.
Lestari, E. (2014). Hubungan Orientasi Masa Depan dengan Daya Juang pada Siswa-Siswi. e-Journal Psikologi, 2, 314-326.
Lestari, E. (2014). HUBUNGAN ORIENTASI MASA DEPAN DENGAN DAYA JUANG PADA SISWA-SISWI K. Psikoborneo, 2, 112-119.
Listiawati, N. (2016, December 3). STUDENTS' PERCEPTION ON THEIR ADVERSITY QUOTIENT AND PARENTING OF PARENTS AND TEACHERS. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 1.
Lyo Lioni. (n.d.). Jurnal Mahasiswa FIAI-UII,. DAYA JUANG MAHASISWA PELOSOK NEGERI ASAL DAERAH 3T:TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERBELAKANG (Studi Fenomenologi
Mahasiswa Universitas Islam Indonesia), 3(1). file:///C:/Users/ASUS/Downloads/8.+DAYA+JUANG+MAHASISWA+PELOSOK+NEGE RI+ASAL+DAERAH.pdf
M. Yoga. (2023, June 16). \/. YouTube. Retrieved December 7, 2023, from https://www.bing.com/ck/a?!&&p=964319fd666d0091JmltdHM9MTcwMTgyMDgwMCZp Z3VpZD0yOGY5NDAxNS02ZjVkLTZlNTYtM2Y2OS01M2NkNmUxODZmODkmaW5za
WQ9NTE5Mg&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=28f94015-6f5d-6e56-3f69- 53cd6e186f89&psq=Yoga%2c+M.+(2016).+Adversity+quotient.+Solo%3a+Ti
Presiden Republik Indonesia. (2012). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2012.
Siregar, L. H. (2019, Januari). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT PENDIDIKAN
TAPANULI SELATAN PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Education and Development, 7, 92. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Alfabeta.
Supriyanti, Y., & Abraham, I. (2021, Januari). Model Pengembangan Kirkpatrick Plus Level 5.
Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7, 141
Sunga, S. A. T. (2023). Persepsi Pengajar Tentang Modul Pembelajaran. Vox Veritatis, 2(2), 98-103. Tahalele, N. K., Sunga, S. A. T., Laia, B., Triyanto, Y., & Rini, W. A. (2024). Strategi Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Sikap Moderasi Beragama di Sekolah Tinggi
Teologi. Vox Dei: Jurnal Teologi dan Pastoral, 5(1).

PlumX Metrics

Published
2025-09-01
Section
Articles