Implementasi Model Beyond Center And Circle Time Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Apple Tree

  • Yuliana Imelda Taunaes(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Kristin Margiani(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Gokma Nafita Tampubolon(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yohana Yuniati(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: BCCT Model, SOSEM Development, BCCT Learning Management

Abstract

 Model pembelajaran Beyond Center And Circle Time (BCCT) ini sangat penting bagi anak usia dini khususnya dalam Pengembangan Sosial Emosional anak karena anak-anak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya, guru, dan lingkungan, sehingga mereka belajar untuk mengelola emosi, membangun kemampuan berkomunikasi, dan mengembangkan rasa tanggung jawab.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menganalisis penerapan model BCCT dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini melalui manajemen pembelajaran BCCT . Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, yang mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di KB Apple Tree telah menerapkan model BCCT untuk pengembangan sosial emosional anak melalui manajemen pembelajaran, yang mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan guru mampu untuk membuat tujuan pembelajaran yang kompleks sesuai dengan PROTA (Program Tahunan), PROMES (Program Semester), RPPM (Rencana pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), dan RPPH (Rencana pelaksanaan Pembelajaran Harian), kemudian dalam pelaksanaan guru dapat melakukan penataan lingkungan bermain yaitu dimana guru menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, aman dan menarik untuk aktivitas bermain, sedangkan dalam evaluasi guru melakukan pengamatan langsung perkembangan anak secara merata dengan cara penilaian dokumentasi dan catatan perkembangan anak berupa naratif check list atau skala penilaian yang mencakup indikator sosial emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. dan R. T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Perdana Publishing (Vol. 53)

Bili, D. L., Bili, F. G., & Dedo, M. M. T. (2024). Implementasi Model Beyond Center And Circle Time (BCCT) Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia DiniJ-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Dewi, F. Y., Rini, R., & Sofia, A. (2017). Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Anak.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan.

Farida, S. (2017). Pengelolaan pembelajaran PAUD. Wacana Didaktika, 5(02).

Fitriah, W. (2020). Implementasi Model Bcct (Beyond Center and Circle Time Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Dori Way Kanan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fory, N. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Hanum, K. U. (2019). "Implementasi Model Pembelajaran Sentra Dalam Kemandirian Anak Kelompok B Di TAman KAnak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 13. " Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Hardani et al. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Hasibuan, F. H. (2022). "Model dan Strategi Pembelajaran AUD. " Diktat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Hayati, N., & Da’watul Choiro, U. (2021). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME UNTUK PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.238

Hayati, Nurul, and Choiro, U.D. (2021). "Efektivitas Metode Pembelajaran Beyond Centers And Circle Time Untuk Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. " Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1.1.

HIKMAWAN, I. (2019). IMPLEMENTASI PENILAIAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

https://doi.org/10.15700/saje.v40ns1a1863

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Kurniasih, N., Ariesmansyah, A., Arningsih, N. F., & Komarudin, D. N. (2022). Penerapan Metode Belajar Beyond Center and Circles Time dalam Pengembangan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(4), 905–918. https://doi.org/10.55927

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. 1(2).

Leny, L. (2022). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) DI TK ISLAM AL-AZHAR BSD. Edukids: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi.

Maree, J. G. (2020). Connecting conscious knowledge with subconscious advice through career construction counselling to resolve career choice indecision. South African Journal of Education,40.

Masganti, S. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.

Mas' ud, F., Kale, D. Y. A., Doko, M. M., & Nassa, D. Y. (2025). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Nadhiroh, K. (2018). Manajemen Pembelajaran dengan Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dalam mengembangkan multiple intelligences anak. Skripsi Semarang: Walisongo.

Nadiah, H., Maranatha, J. R., & Muqodas, I. (2022, February). Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) Sentra Bermain Peran dalam Mengembangkan Aspek Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 164-169).

Nasution, A.F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: Cv Harfa Creative

Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380

Nur, A., & Utami, F. Y. (2022). Proses dan langkah penelitian antropologi: Sebuah literature review. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial Dan Budaya.

Nurasfia, S. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Sentra berbasis Multiple Intellegences pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Pelopor Rancaekek Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Nursafia Harahap, M. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing.

Octavia, (2020). Model-model Pembelajaran, Sleman: Deepublish.

Purwanto, (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Rehabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staiapress.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan Bandung.

Samad, F., & Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Setiyarini, E., Widiasari, Y., & Daliman, D. (2019). Hubungan antara Penerapan Pembelajaran BCCT dengan Motivasi Belajar Anak pada Peserta Didik di TB Qita Desa Pamijen Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016. Sainteks.

Sofwatillah, S., Mukhtar, M., Anwar, K., Mahmud, M. Y., & Asrulla, A. (2024). Penerapan Mutu Layanan Dalam Merambah Peluang Prestasi Sekolah Berbasis Pesantren. IQRO: Journal of Islamic Education, 7(1), 63-82.

Sugianto, (2017). Model Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1-10.

Sutarman, Maman & Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung: CV Pustaka Setia

Umami, Ida. (2019) "Buku Psikologi remaja." Yogyakarta: Idea Press.

Wilis Werdiningsih. (2022). Implementasi Model Pembelajaran PAUD Berbasis Sentra dan Waktu Lingkaran dalam Meningkatkan Berbagai Aspek Perkembangan Anak. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.101

Yadnyawati, I. A. G. (2019, August). Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (Bcct) Pada Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Yuningsih, S., Rifai, A., & Kisworo, B. (2018). Penyelenggaraan pembelajaran model Beyond Centers and Circle Time (BCCT) pada anak usia dini. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2).

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.

PlumX Metrics

Published
2025-12-08