The Effect of Using Congklak Lea Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Congklak Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas II SDI Sikumana 3 Kupang
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang melibatkan dua aktivitas utama yaitu mengajar yang dilakukan oleh guru, dan belajar yang melibatkan peserta didik. Dalam proses pembelajaran diperlukan media pembelajaran seperti gambar, video, alat peraga, dan permaianan tradisional, yang sangat efektif dalam membantu siswa memvisualisasikan konsep-konsep yang sulit, salah satunya dengan permainan congklak pada pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability (sampling jenuh) dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji hipotesis dan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukan skor rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas control dengan menggunakan uji-t test adalah 82,40>54,40 dengan selisih 28,00. Lebih lanjut pengujian hipotesis (Independen Sampel T-Test) menunjukan nilai sig.(2-side) 0,00<0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Inpres Sikumana 3.
Kata Kunci: Congklak, Hasil Belajar, Matematika,Operasi Hitung Bilangan Cacah
Downloads
References
Aini, F. W., Herawati, N., Misgiyati, & Nusyirwan. (2025). Differentiation of various estimators in handling multicollinearity in Poisson regression model: Case study of infant mortality rate in East Nusa Tenggara Province, Indonesia. International Journal of Multidisciplinary Trends, 7(3), 40–45. https://doi.org/10.22271/multi.2025.v7.i3a.626
Alvisari, Deska. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Tunas Harapan Desa Pagar Iman Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Provinsi lampung. Diss. UIN Raden Intan Lampung.
Astari, Puji.)2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah di Kelas III SDN 3 Kibang. Diss. Institut Agama Islam Negeri Metro.
Azis, D., Tiryono, Sutrisno, A., Sholeha, I. I., & Misgiyati. (2025). Solving Bernoulli differential equations using the Adomian Laplace decomposition method. International Journal of Advance Social Sciences and Education, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.59890/ijasse.v3i1.293
Dartati, S. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Dakon bagi Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Banjarsari 02 Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar PSKGDJ FKIP-UKSW).
Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pembelajaran
Igirisa, S., Nurfatimah, N., Saputri, D. A., Minsih, M., Lagalo, A., Zain, S., & Franzhardi, D. (2024). Pemanfaatan Media Congklak sebagai Sarana Belajar Siswa Sanggar Belajar Al-Ikhlas Sungai Penchala, Malaysia. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(2), 360-373.
Isjoni. (2010): Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Hal 49
Izhatullaili, I. (2018). Virus Wannacry dalam Teks Berita: Analisis Wacana Kritis atas Laman Kemkominfo, Kompas. com, dan Jawapos. com. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 8(2), 2.
Izhatullaili, I., Santosa, D. F., & Nurlaili, Y. D. P. (2022). Analisis Lingkungan Kerja dan Hubungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT XYZ. Jurnal Publikasi Sistem Informasi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 38-52.
Khoirunnisa, K. (2024). Pengaruh Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Matematika di Kelas III SDN 110/1 Desa Tenam. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 364-372.
Kristanto, Andi.(2016). "Media Pembelajaran." Surabaya: Bintang Surabaya 84.
Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.
Nahak, Kristina E. Noya, et al.(2024). "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Ume Le’u Materi Bangun Datar untuk Siswa SDK Eban 1." JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4.1: 178-188.
Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230
Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Nataliya, A. (2015). Pengembangan Keterampilan dalam Permainan Tradisional Congklak. Penerbit Edukasi.
Nitte, Y. M. (2025). The Socio-Scientific Issues Approach as A Catalyst for Critical Thinking Skills in Elementary School. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 1015-1025.
Nitte, Y.,& Bulu, V. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Sekota Kupang.Jurnal Kependidikan:Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran,6(1).
Nurdyansyah, N. (2019). Media Pembelajaran inovatif.
Purwaningsih, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu Media LKS pada Materi Kubus dan Balok terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).
Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar matematika (MTK) siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 2(1), 111-119.
Rahmasari, F., Salma, F. A., & Sutriyani, W. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Congklak Terhadap Hasil Belajar Materi Penjumlahan dan Pengurangan Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 21-30.
Rahmawati Diah. (2016). Aku Pintar Dengan Bermain. Bandung: Alfabeta
Rosyid, dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Saâ, I., & Izhatullaili, I. (2017). Pedoman pelafalan baku bahasa Indonesia dengan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua atau bahasa asing. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).
Sari, R. A., Herawati, N., Misgiyati, & Nisa, K. (2025). Performance of beta ridge regression estimator in addressing multicollinearity within beta distribution. ISRG Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.14800646
Siregar, Nur Fauziah, and Eline Yanty Putri Nasution.(2019). "Pembelajaran matematika berbasis higher order thinking skills." Curup Annual Conference on Math (CACM). Vol. 1. No. 1.
Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugihartono,dkk. Psikologi Pendidikan , Yogyakarta:UNY Press,2007.
Susanti, Susanti, and Affrida Zulfiana. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran (2018): 1-16.
Zam Zami, M. F. A., Herawati, N., Misgiyati, & Nusyirwan. (2025). Simulation of comparative study of James–Stein estimator, ridge regression estimator, and modified Kibria Lukman estimator in handling multicollinearity in Poisson regression. International Journal of Applied Science and Engineering Review, 6(2), 30–40. https://doi.org/10.52267/IJASER.2025.6203