PENDIDIKAN MORAL BERBASIS PANCASILA SEBAGAI ANTITESIS PERILAKU ECHO CHAMBER DI KALANGAN MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS KHAIRUN

  • Irham Wibowo(1*)
    Universitas Khairun
  • Wahyudin Noe(2)
    Universitas Khairun
  • Fadil Mas'ud(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dorkas Yufice Ariyanti Kale(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pendidikan Moral, Pancasila, Echo Chamber, Mahasiswa PPKn Universitas Khairun

Abstract

Fenomena echo chamber di ruang digital memengaruhi pola interaksi mahasiswa, termasuk mahasiswa PPKn Universitas Khairun, yang cenderung membatasi diri dalam kelompok homogen sehingga memperkuat confirmation bias. Penelitian ini bertujuan menganalisis fenomena tersebut, menelaah relevansi nilai-nilai Pancasila sebagai antitesis, serta merumuskan strategi implementasi pendidikan moral berbasis Pancasila. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen, dengan analisis interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa echo chamber melemahkan tradisi dialogis dan kritis di lingkungan akademik, misalnya mahasiswa lebih sering mengonsumsi informasi yang sejalan dengan pandangan mereka dan mengabaikan perbedaan perspektif. Di sisi lain, nilai-nilai Pancasila, khususnya kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan, relevan untuk membangun sikap terbuka dan inklusif. Strategi implementasi yang ditawarkan meliputi integrasi dalam kurikulum, penerapan pedagogi dialogis, penguatan budaya akademik, serta literasi digital berlandaskan Pancasila. Dengan demikian, pendidikan moral Pancasila dapat berfungsi sebagai antitesis echo chamber sekaligus membentuk generasi mahasiswa yang kritis, toleran, dan berkarakter kebangsaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anaet, Y., Kollo, F. L., & Kale, D. Y. A. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII SMPK Santa Maria Assumpta. Haumeni Journal of Education, 5(1), 70-76.

Anggara, A., Azizi, A. F. B., Sabrina, A. M., Salma, C. Z. P., Jannah, I. W., & Supriyono. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 73–77.

Astuti, I. I. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Materi Budaya Politik Guna Membangun Civic Participation. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 62–70. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1321

Cinelli, M., Morales, G. D. F., Galeazzi, A., & Starnini, M. (2021). The echo chamber effect on social media. PNAS, 118(9), 1–8. https://doi.org/10.1073/pnas.2023301118

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Darmono, A. S. (2022). Relevansi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembangunan Bangsa di Era Globalisasi. Pilar Nusantara.

Habermas, J. (1989). The Structural Transformation of the Public Sphere. Polity Press.

Kale, D. Y. A., Nassa, D. Y., Kollo, F. L., & Mas’ud, F. (2025). Kewarganegaraan di Era Society 5.0. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.

Kohlberg, L. (1981). Essays on Moral Development, Volume One: The Philosophy of Moral Development. Harper & Row.

Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications.

Mas' ud, F., & Istianah, A. (2025). Ekosistem Digital Dan Narasi Kebangsaan: Relevansi Pancasila Sebagai Penuntun Etika Publik Virtual. Haumeni Journal of Education, 5(1), 18-26.

Mas' ud, F., & Istianah, A. (2025). Digitalisasi Informasi Kewarganegaraan: Antara Inovasi Terbuka dan Kekhawatiran Privasi. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 6(2), 155-160.

Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235-246.

Mas’ud, F., Roen, Y. A., Kolianan, J. B., & Istianah, A. (2025). Sosiologi Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Nadra, W. S., & Karim, K. H. (2023). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Pgsd Universitas Khairun. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 87–98. https://doi.org/10.33387/pedagogik.v11i2.7162

Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Noe, W., & Nggilu, A. (2025). Edukasi Investasi Sumber Daya Manusia (Sdm) Melalui Pendidikan Menuju Smart And Good Citizen. Civic Education Law and Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(1), 160-170.

Noe, W., Nada, A., Rasyid, R., & Muharam, R. (2024). Sosialisasi pendidikan karakter era disrupsi pada siswa SMA Negeri 10 Halmahera Timur. MAHABAKTI: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Mahasiswa Bakti, 1(1), 37-42.

Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, E. Souberman, Eds. & Trans). Harvard University Press.

PlumX Metrics

Published
2025-09-06
Section
Articles