Penggunaan Model Discover Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa di kelas VIII K SMP Negeri 1 Kota Kupang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan model Discovery Learning pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII K SMP N 1 Kota Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli dan 01 Agustus 2025 di SMP Negeri 1 Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan observasi Keterampilan guru, aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII K SMP Negeri 1 Kota Kupang. Terbukti pada siklus I hasil belajar peserta didik 35,71% pada siklus II 89,28% dengan peningkatan sebesar 53,57% kategori baik, kualifikasi tuntas dan aktivitas peserta didik siklus I 77,77% pada siklus II 90,27% dengan peningkatan sebesar 12,50% kategori sangat baik, kualifikasi berhasil. Sedangkan untuk keterampilan guru siklus I 69,23% pada siklus II 90,38% dengan peningkatan sebesar 21,15% kategori sangat baik kualifikasi berhasil.
Downloads
References
Abdi, M., Murni, A., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2989–2997.
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi. Aksara
Asyfa, R. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning berbatuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.
Budiastuti, P. N., Rosdiana, R., & Ekowati, A. (2023). Analisis langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 3 (1), 39-45.
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & El Khuluqo, I. (2020). Pemberdayaan guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 22-30.
Datuk, A., A. Arifin, & ST. Ramlah. (2023). Urgensi Akreditasi Sekolah dalam Upaya Pemetaan Mutu Pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Attractive: Innovative Education Journal. 5(1): 54-64.
Desrianti, Y. N., Barat, U. B. S., & Barat, B. S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam, 4.
Dewi, S., Rahayu, P., & Nuraeni, F. (2023). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. FONDATIA, 7(3), 577-588.
Echo Pramono. (2021). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning.
Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.
Herianto, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran PPKn. Mataram: Yayasan Nusatenggara Centre Mataram.
Jannah, M., & Muis, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning di Kelas VIII D SMP Negeri 19 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 523-529.
Juni, K. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1), 36-51.
Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit Nem.
Kusumawati, D., Muis, A., & Rahma, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Discovery Learning Berbantu Media Berbasis Wordwall Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pemikiran dan pengembangan Pembelajaran, 6(2), 200-209.
Maryana, O. F. T., V. Inabuy, C. Sutia, B. D. Hardanie, & S. H. Lestari. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Maulansyah, R., D. Febrianty, & M. Asbari. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting!. Journal of Information Systems and Management (JISMA). 2(5): 31-35.
Metarum, M. F. H. (2021). Tantangan SPM: Menilik Mutu Pendidikan Sekolah Pedalaman Di Ules Nusa Tenggara Timur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(3): 980-988.
Misgiyati, M., Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Etnomatika dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Civic Competence. Jurnal Civicatio, 1(1), 10-18.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.
Nasution, F., Harahap, S. Z., Safitri, N. L., & Harahap, S. (2022). Implementasi Psikologi Pendidikan Terhadap Mutu Belajar Generasi Milenial. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 2(2), 110-121.
Paulina, M., Dwiputra, R., Mas' ud, F., & Taneo, K. L. F. (2025). Civic Ecology dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Penguatan Kesadaran Ekologis melalui Konservasi Hutan Pulau Timor. Jurnal Civicatio, 1(1), 19-27.
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Penerbit P4I.
Pratama, M. A. G., Alfianto, F., Sa'adah, N. K., & Kamal, M. M. (2023). Teknik Penilaian Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 16-24.
Putri, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas XI Di SMAN 1 Jaka Buya Kabupaten Pidie Jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Riandari, F., Susanti, R., & Suratmi. (2018). The influence of discovery learning model application to the higher order thinking skills student of Srijaya Negara Senior High School Palembang on the animal kingdom subject matter. Journal of Physics: Conference 6596/1022/1/012055.
Reni, S., M. Asbari, & M. B. Ramadhan. (2023). Visi Meningkatkan dan Memeratakan Mutu Pendidikan: Quo Vadis Transformasi Sekolah? Journal of Information Systems and Management (JISMA). 2(6): 50-54.
Sabilah, N. (2022). Pengaruh aktivitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat.
Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Telaumbanua, E. D. P., & Harefa, A. R. (2024). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Journal of education research, 5(1), 691-697.
Usman, J. (2017). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam. 11(2): 219–246.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Jakarta: Puri cipta media.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24.
Yeliany, A., & Roesminingsih, E. (2021). Efektivitas pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 873-886.
Zega, J., & Zebua, S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 664-674.
Wismi Jublina Salean(1*)






