Strategi Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini di TK Citra Bangsa Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru kelas B3. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Strategi tersebut mencakup keterampilan pengelolaan kelas, seperti mempersiapkan anak sebelum pembelajaran dimulai, membuat kesepakatan kelas, mengatur posisi duduk, memanfaatkan waktu belajar secara efektif, mengembalikan konsentrasi anak yang menurun, serta mengelola perilaku yang mengganggu. Selain itu, guru juga menggunakan keterampilan memberikan penguatan melalui pemberian pujian dan tepuk hebat, serta menerapkan variasi metode pembelajaran seperti bernyanyi, tanya jawab, dan diskusi. Guru turut menggunakan berbagai media pembelajaran, antara lain video pembelajaran, buku cerita bergambar, bahan loose parts, kartu angka, dan kartu huruf.
Downloads
References
Adiansa, R., Handayani, N., & Nurdin, S. (2025). Strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi anak di RA Fathun Qarib Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 35–44.
Amalia, N., & Syunu, A. M. (2023). Penguatan positif guru dalam meningkatkan konsentrasi dan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 8(2), 89–98.
Ayu, A. S. (2024, Juli 3). Strategi guru dalam melatih perhatian saat belajar anak usia dini di TK Al-Hijrah Kabupaten Jember. Universitas Muhammadiyah Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/21734/
Delfiana, M. (2025). Pengembangan media lift the flap book pengenalan bilangan untuk anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(3), 505–524. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1693
Dhea, R., & Dafit, F. (2023). Keterampilan guru dalam menerapkan variasi media pembelajaran di kelas II SDIP YLPI Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(3), 235–242. https://doi.org/10.31004/jpion.v2i3.148
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djohan. (2012). Karakteristik anak usia dini dalam pembelajaran. ECIEJ: Early Childhood and Inclusive Education Journal, 3(1), 45–54.
Hayati, M., & Asbin, S. A. (2025). Eksplorasi alam semesta: Mengintegrasikan astronomi dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(3), 557–574. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1736
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Lestari, F. (2020). Meningkatkan perhatian saat belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Margiani, K., Koten, A. N., Betty, C. G., & Lawe, E. (2025). Kemampuan guru dalam memanfaatkan TPACK pada pembelajaran di kelompok B2 TK Kristen Karmel Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(2), 117–123.
Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.
Mas’ud, F., Kale, D. Y. A., Gero, H. M. E., Kolianan, J. B., Sabariman, H., & Peranginangin, I. I. (2025). Studi Masyarakat Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Mulyani, H., Ubabuddin, U., & Hasanah, M. (2023). Strategi guru mengelola kelas dalam meningkatkan perhatian saat belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021–2022. Lunggi Journal, 1(3), 398–405. https://doi.org/10.59029/lunggi.v1i3.2303
Nasem, N. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.329
Nurhayati, L., Nuryani, S., & Rosadi, D. (2024). Ragam model pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 11245–11275. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15234
Rosdiana, E. (2021). Strategi guru dalam mengembangkan konsentrasi berpikir dan berbuat anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Rusiadi, R. (2020). Variasi metode dan media pembelajaran guru pendidikan agama Islam. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 6(2), 10–21. https://doi.org/10.46339/alwatzikhoebillah.v6i2.226
Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sati, A. S., & Sunarti, E. (2021). Perhatian saat belajar anak usia dini di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 109–118.
Slameto. (2020, Mei 1). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/63139/3/BAB%20II.pdf
Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062
Wulandari, T. P., & Sumardijani, L. (2014). Peningkatan konsentrasi anak didik melalui teknik kolase pada kelompok B TK IT Robbani Kendal tahun ajaran 2013/2014. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Theodorina Novyani Seran(1*)






