Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Materi Perkalian Ditinjau Dari Tingkat Kesalahan Siswa

  • Livia Eunike Paut(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Kartono Kartono(2)
    Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Zaenuri(3)
    Universitas Negeri Semarang
  • Putut Marwoto(4)
    Universitas Negeri Semarang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kesalahan, Pemahaman Konsep, Perkalian, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesalahan murid dalam mengerjakan operasi perkalian, ditinjau dari pemahaman konsep matematika. Subjek dalam penelitian adalah 57 murid sekolah dasar di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Newman’s Error Analysis (NEA) untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis murid masih tergolong rendah, dengan persentase ketuntasan hanya sebesar 24,2%. Murid masih banyak melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal, dengan persentase kesalahan yang sangat tinggi pada indikator pertama dan ketiga, yaitu masing-masing 88,6% dan 94,7%, serta berada pada kategori sedang untuk indikator kedua sebesar 44%. Jenis-jenis kesalahan yang teridentifikasi meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan encoding error. Kesalahan-kesalahan tersebut menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep perkalian menjadi faktor utama yang menyebabkan murid mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal operasi perkalian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Azka, C., & Martila Ruli, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.181

Hakim, I. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1015–1026. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2443

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.

Lestary, E, K.,& Yudhanegara, M, R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: PT. Refika Aditama

Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Misgiyati, M., Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Etnomatika dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Civic Competence. Jurnal Civicatio, 1(1), 10-18.

Nurikawai, D., Sagita, L., & Setiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Dengan Prosedur Newman. Journal of Honai Math, 4(1), 49–66. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.157

Pedai, S. S., Sulistiawati, & Arifin, S. (2021). The identification of students’ mistakes on mathematical communication ability in three-dimensional shapes of geometry: Cube and cuboid. AIP Conference Proceedings, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041649

Rifanti, V. N., Nasaruddin, & Rosyidah, A. N. K. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas III SDIT Samawa Cendekia. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 121–136.

Rismayanis, A., Kusnandar, N., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gelas Perkalian Materi Perkalian ( Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas Ii Sdn Gudang Kopi Ii Kecamatan Sumedang Selatan. JESA : Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 10–18. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Unaenah, E., Sartika, D., Syurgaini, J., & Ramadanti, S. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Operasi Hitung Pembagian Dan Perkalian Pada Bilangan Bulat. Agustus, 2(4), 310. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin

PlumX Metrics

Published
2025-11-24