Mindfulness Journaling Sebagai Upaya Membangun Ketahanan Emosional Remaja di Tengah Konflik Keluarga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan mindfulness journaling sebagai upaya membangun ketahanan emosional remaja yang menghadapi konflik keluarga. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus tunggal pada satu subjek, yaitu siswi kelas XI SMA Negeri 13 Medan berinisial AS. Data dikumpulkan melalui asesmen AKPD, wawancara mendalam, dan observasi pra-intervensi, serta dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AS mengalami kesulitan dalam mengelola emosi akibat konflik antara orang tua, yang berdampak pada perilaku menarik diri, penurunan motivasi belajar, dan keterlambatan sekolah. Melalui praktik mindfulness journaling yang terstruktur dalam bentuk refleksi emosi, diri, dan belajar, AS mampu mengekspresikan perasaan secara jujur, meningkatkan kesadaran diri, serta mengembangkan penerimaan terhadap kondisi keluarga. Kegiatan ini juga membantu subjek menumbuhkan rasa syukur, semangat belajar, dan pandangan positif terhadap diri. Dengan demikian, mindfulness journaling terbukti efektif sebagai strategi konseling berbasis refleksi diri untuk memperkuat ketahanan emosional remaja di tengah konflik keluarga.
Downloads
References
Afrashteh, M. Y., & Hasani, F. (2022). Mindfulness and psychological well-being in adolescents: The mediating role of self-compassion, emotional dysregulation and cognitive flexibility. Borderline Personality Disorder and Emotion Dysregulation, 9, Article 22.
Bureni, E. N., Daro, K., Khotimah, K., Wandal, Y. R. L., Radja, D. C. L., & Mas’ud, F. (2025). Pembinaan Etika Siswa Melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 221-234.
Corey, G. (2021). Theory and practice of counseling and psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.
Eka, A. R., Bebok, C. F., Iwa, K. R., & Natul, F. K. (2022). The relationship between family satisfaction and adolescents’ mental health, stress, and depression. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan.
Ence, E., Mas’ud, F., Tonis, M., Payong, E. W., Openg, W. F. K., & Laga, O. E. (2025). Membangun Karakter Moral Melalui Pendidikan Etika Di Sekolah. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 247-260.
Gunarsa, S. D. (2021). Psikologi perkembangan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hidayat, A., & Rachmawati, I. (2023). Teknik wawancara dalam penelitian kualitatif pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Izhatullaili, I., Mas' ud, F., & Jama, K. B. (2025). Konstruksi Keadilan di Era Media Sosial: No Viral No Justice dalam Kontroversi Bupati Pati. Jurnal Civicatio, 1(1), 1-9.
Kabat-Zinn, J. (2022). Mindfulness for beginners: Reclaiming the present moment and your life. Hachette Books.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Koch Serey, A., Martínez-Líbano, J., & Barahona-Fuentes, G. (2025). Emotional regulation and subjective well-being in adolescents: A systematic review. Mental Health: Global Challenges, 8(1), 14–26.
Lau, C. A. A., Keraf, V. T. H., Nomeni, N., Meo, M., Tes, H. S., & Mas’ud, F. (2025). Peran Etika dalam Pembentukan Karakter Moral Generasi Muda. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(3), 300-311.
Mas' ud, F. (2019). Implikasi Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Pekerja Anak (Suatu Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Anak Penjual Koran Di Kota Kupang). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(2), 11-19.
Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.
Mulyana, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana, K. R., Mas’ud, F., Gemian, S. B., Sanung, F., Keba, A. D., & Jelita, M. T. (2025). Etika Media Sosial dan Implikasinya bagi Individu dan Masyarakat. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(3), 288-299.
Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.
Navidi Moghadam, M. (2025). The effects of mindfulness training on resilience and emotional regulation in adolescents: A quasi-experimental study. International Journal of Body, Mind and Culture, 12(3).
Neff, K. D., & Germer, C. K. (2021). The mindful self-compassion workbook. Guilford Press.
Putri, R. D. (2024). Analisis dokumentasi sebagai sumber data penelitian kualitatif. Jurnal Penelitian Sosial Humaniora, 8(2), 101–110.
Rahmawati, F., & Rahayu, S. (2023). Observasi kualitatif dalam studi pendidikan dan perilaku sosial. Jurnal Metodologi Ilmiah, 4(1), 12–21.
Reivich, K., & Shatté, A. (2022). The resilience factor: 7 keys to finding your inner strength and overcoming life’s hurdles. Broadway Books.
Santrock, J. W. (2022). Adolescence (18th ed.). McGraw-Hill Education.
Sari, N., & Nugroho, D. (2022). Triangulasi dalam penelitian kualitatif: Konsep dan aplikasi. Jurnal Riset Pendidikan, 6(2), 89–98.
Sawitri, L. S., Widyasari, D. C., Karmiyati, D., Syakarofath, N. A., Mein-Woei, S., & Marsuki, N. (2024). Family communication patterns towards internalizing and externalizing problems in adolescents. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 12(1), 8–16.
Segrin, C., & Flora, J. (2001). Perceptions of relational histories, marital quality, and loneliness when communication is limited: An examination of married prison inmates. Journal of Family Communication, 1, 151–173.
Shapiro, S. L., Brown, K. W., & Astin, J. A. (2023). Toward the integration of meditation into higher education: A review of research. Teachers College Record, 115(10), 1–27.
Slocum, J. W., & Hellriegel, D. (2007). Fundamentals of organizational behaviour. USA: Thomas South Western.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taftahzani, S., & Ritanti, R. (2023). The relationship between family resilience and the role of peers on reproductive health behaviour in adolescents at SMPN 258 East Jakarta. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 11(1), 80–88.
Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.
Yeni Marito(1*)






