Pendekatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Excellent Spirit Christian School (ESCS) Kupang
Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana bertujuan untuk memfasilitasi pengalaman pembelajaran
Bahasa Inggris yang bermakna dan relevan secara budaya melalui integrasi kearifan lokal. Kegiatan pengabdian ini
dirancang untuk membantu siswa menghubungkan pembelajaran bahasa Inggris dengan identitas budaya, nilai-nilai,
dan konteks lokal mereka. Kegiatan yang dilakukan meliputi sesi kelas interaktif, dan kegiatan pembelajaran berpusat
pada siswa yang mengintegrasikan cerita rakyat lokal dari NTT sebagai bahan pembelajaran Bahasa Inggris.
Pelaksanaan program ini mengikuti pendekatan partisipatif, memungkinkan guru dan siswa berkolaborasi dalam
mengembangkan praktik pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan berbasis konteks. Pengamatan dan refleksi
selama kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme, kepercayaan diri, dan pemahaman yang lebih
besar ketika bahan pembelajaran terkait dengan lingkungan budaya mereka. Selain itu pendekatan ini juga
mendorong pengembangan karakter, pemikiran kritis, dan apresiasi terhadap warisan budaya lokal. Meskipun
menghadapi tantangan seperti kebutuhan adaptasi materi, integrasi kearifan lokal terbukti menjadi strategi efektif
untuk meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris dan kesadaran budaya siswa. Kegiatan pengabdian ini menyoroti
pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris yang kontekstual di Indonesia dan memberikan wawasan bagi pendidik yang
ingin menyeimbangkan pembelajaran bahasa global dengan nilai-nilai lokal dalam konteks budaya yang beragam.
Downloads
References
Ariani, S., & Novra, E. (2021). Budaya lokal sebagai materi ajar bahasa Inggris pariwisata [Local culture
as material for English for tourism course]. Jurnal Menara Ilmu, XV(02), 83–93.
Haryani, T., & Sumiatie, S. (2018). Pengembangan media cerita bergambar anak dalam pembelajaran
bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Kalimantan Tengah [Development of picture story media for
English learning based on local wisdom in Central Kalimantan]. Jurnal MERETAS, 5(2), 120–134.
Maharany, E. (2017). Cerita rakyat sebagai media keterampilan berbahasa [Folktales as media for
language skills]. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 12–18.
Menggo, S., Jem, Y., Fatmawati, F., Ansi, R., & Asman, Y. (2023). Pendampingan bahasa Inggris
berbasis budaya lokal di Desa Wisata Bangka Kenda [English mentoring based on local culture in
Bangka Kenda Tourism Village]. Jurnal Widya Laksana, 12(1), 113–124.
Sudartini, S. (2012). Insersi budaya lokal dalam pembelajaran bahasa Inggris guna mendukung
terwujudnya pendidikan karakter [The insertion of local culture in English learning to support
character education]. Jurnal Pendidikan Karakter, II(1), 45–54.Sutasurya, L.A. & Riyanto, B., Title of
Paper, Name of Journal, 8(1), pp. 20-25, Dec. 2005. (Journal)
Gupuh Rahayu(1*)






