Pengembangan E-LKPD Berbasis Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan di SMP Negeri 7 Kupang

  • Maria Susanti Mahinet(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Sistem Pencernaan, Four-D

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran secara online yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di era modern. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa media pembelajaran Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Problem Based Leraning Untuk “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan” Produk ini dibuat dengan menggunakan canva dan liverworksheet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan menggunakan 4 langkah model pengembangan Four-D. Teknik pengambilan data yang gunakan dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala likert. Berdasarkan validasi yang telah dilakukan dua dosen pendidikan biologi dan dua guru IPA kelas VIII menghasilkan rerata skor dari ahli materi 88,6 % dan dari ahli media 90,8% dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi menunjukan produk media pembelajaran layak diuji coba pada siswa. Hasil uji coba lapangan pada kelompok kecil menghasilkan rerata 78% dengan kategori “sangat baik” dan pada kelompok besar menghasilkan rerata 82,41% dengan kategori “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimah, Siti dan Ridlo, Saiful. Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. FMIPA UNSI. Biosaintifika 5 (2) BiosaintifikaBiology & Biology Education. 2013

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustka Belajar

Adilla, T. N., & Silitonga, F. S. (2018). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.53(8), 911–912.

Bureni, E. N., Daro, K., Khotimah, K., Wandal, Y. R. L., Radja, D. C. L., & Mas’ud, F. (2025). Pembinaan Etika Siswa Melalui Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amarasi Barat. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 221-234.

Dasmasela, Fransiscus X. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Dalam Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Kelas XI” Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 8(1):28–33. doi: 10.30738/cjipf.v8i1.10468.

Fitriyah, Ika Melina Nur, and Muhammad Abdullah Ghofur. 2021. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Development of Android-Based E-Lkpd With Problem Based Learning (Pbl) Learning Model To Improve Critical Thinking.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 18(1):2021.

Hamalik, Oemar . Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aks

Harpeni Dewantara, Andi. 2020. “Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.” Journal of Primary Education 1(1):15–28.

Herlina, Pina, Ghullam Hamdu, and Akhmad Nugraha. 2023. “Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Interaktif Berbasis Education for Sustainable Development (Esd) Di Sd.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):504–13. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php /jkpm/article/view/8169.

Jalal, M. A. R., Maison, D. A. Kurniawan, M. Amin, and Hariono. 2022. “Analisis Deskripsi Capaian Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6(2):337–47.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.

Kurniawan, Dian., Dewi, Sinta Verawati. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, Vol. 3, No. 1, 2017. ISSN 2476-9312

Misgiyati, M., Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Etnomatika dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Civic Competence. Jurnal Civicatio, 1(1), 10-18.

Prantasi Harmi Tjahjanti. 2020. Buku Ajar Mata Kuliah Metalurgi.

Sukmadinata, N. (2008). Metode Penelitian (I. Taufik (ed.); 4th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dn R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sulistyorini, 2018. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dan Literasi Siswa Sd Di Kota Semarang. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Dan Literasi Siswa Sd Di Kota Semarang, 9(1), 138–147.

Sukma, Melati Aini, Indhira Asih Vivi Yandari, and Trian Pamungkas Alamsyah. 2020. “Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD.” GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):23–35. doi: 10.30656/gauss.v3i1.2125.

Umriani, F. S. 2020. Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk MeningkatkanKemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian,2682(1),131–140.

Syofyan, Harlinda. 2021. “Modul Biologi Dasar: Sistem Pencernaan Makanan.” Universitas Esa Unggul Modul 8(Psd 113):1–23.

Sipangkar, Yanti Marsela, Gunaria Siagian, and Mastiur Verawaty Silalahi. 2024. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII SMP Negeri 8 Pematangsiantar.” 4:1726–36.

Umami, Riza, M. Rusdi, and Kamid Kamid. 2021. “Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berorientasi Programme for International Student Asessment (PISA) Pada Peserta Didik.” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika) 7(1):57– 68. doi: 10.37058/jp3m.v7i1.2069.

Wahyuni. 2019. “Pengertian Skala Likert.” Bab III Metoda Penelitian Bab iii me:1–9. Wahyuni, Sri, Erwing Erwing, Muh. Ilham, and Nia Febrianti. 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Questioning, Organizing, Guide, Assess & Evaluate (Qogae) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa.”

Wibowo, I., Noe, W., Mas' ud, F., & Kale, D. Y. A. (2025). Pendidikan Moral Berbasis Pancasila Sebagai Antitesis Perilaku Echo Chamber di Kalangan Mahasiswa PPKn Universitas Khairun. Haumeni Journal of Education, 5(2), 78-86.

PlumX Metrics

Published
2025-12-03