Civic Resilience di Era VUCA: Peran Literasi Bahasa dalam Pembentukan Warga Negara Reflektif di Kota Kupang

  • Fadil Mas'ud(1*)
    Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0009-0007-2147-2567
  • Izhatullaili Izhatullaili(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Dorkas Yufice Ariyanti Kale(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Irham Wibowo(4)
    Universitas Khairun
  • (*) Corresponding Author
Keywords: literasi bahasa, civic resilience, pendidikan kewarganegaraan, era VUCA, Kota Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran literasi bahasa dalam memperkuat civic resilience atau ketangguhan kewarganegaraan di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) dengan fokus pada konteks sosial multikultural Kota Kupang. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen kebijakan pendidikan serta aktivitas literasi publik. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi bahasa berperan penting dalam membentuk warga negara reflektif yang mampu berpikir kritis, berkomunikasi etis, dan bertindak bermoral. Integrasi literasi bahasa dalam pendidikan kewarganegaraan memperkuat tiga kompetensi utama: civic literacy, civic communication, dan civic empathy. Praktik pembelajaran berbasis teks reflektif, analisis wacana media, dan dialog etis terbukti meningkatkan kemampuan menalar dan kesadaran moral siswa. Civic resilience di Kupang tumbuh melalui sinergi antara rasionalitas, bahasa, dan moralitas yang menopang kohesi sosial dalam masyarakat majemuk. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model civic-linguistic education sebagai paradigma baru pendidikan kewarganegaraan berbasis literasi bahasa reflektif untuk memperkuat ketangguhan warga negara di era VUCA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs.

Banks, J. A. (2017). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives. Jossey-Bass.

Bennett, N., & Lemoine, G. J. (2014). What VUCA Really Means for You. Harvard Business Review, 92(1/2), 27–42.

BPS Kota Kupang. (2024). Kota Kupang dalam Angka 2024. Badan Pusat Statistik Kota Kupang.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Databoks. (2024). 15,99% Penduduk Kota Kupang Berpendidikan Tinggi pada Akhir 2024. https://databoks.katadata.co.id/

Dewey, J. (1933). How We Think: A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Educative Process. D.C. Heath.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang. (2024). Laporan Capaian Literasi dan Numerasi Satuan Pendidikan Kota Kupang Tahun 2024.

Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. Longman.

Fathni, I., Harsya, R. M. K., Hasibuan, K., Basri, B., & Mas’ud, F. (2024). Debt Position in Illegal Online Loans. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 6(3), 1786-1792.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Herder and Herder.

Habermas, J. (1989). The Structural Transformation of the Public Sphere. Polity Press.

Iman, B. N. (2022). Budaya Literasi Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Conference of Elementary Studies, 23–41.

Izhatullaili, I., Mas' ud, F., & Jama, K. B. (2025). Konstruksi Keadilan di Era Media Sosial: No Viral No Justice dalam Kontroversi Bupati Pati. Jurnal Civicatio, 1(1), 1-9.

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.

Kale, D. Y. A., Nassa, D. Y., Kollo, F. L., & Mas’ud, F. (2025). Kewarganegaraan di Era Society 5.0. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Kemdikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila: Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbudristek. (2024). Asesmen Nasional: Hasil Literasi Membaca 2024.

Kohlberg, L. (1981). Essays on Moral Development, Volume One: The Philosophy of Moral Development. Harper & Row.

Lalonde, C. (2020). Civic Resilience and the Ethics of Citizenship in Uncertain Times. Journal of Civic Studies, 5(2), 45–59.

Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Luke, A., & Freebody, P. (2021). Critical Literacy in a Changing World: Revisiting Pedagogy and Purpose. Journal of Literacy Research, 53(4), 451–468.

Mas' ud, F. (2019). Implikasi Undang-Undang Perlindungan Anak Terhadap Pekerja Anak (Suatu Kajian Sosiologi Hukum Terhadap Anak Penjual Koran Di Kota Kupang). JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(2), 11-19.

Mas' ud, F. (2024). Peran Perempuan di Sektor Publik: Kajian Hak Asasi Manusia terhadap Perempuan Pegawai SPBU di Kota Kupang. Media Sains, 24(2), 61-64.

Mas' ud, F., Medan, K. K., & Wibowo, I. (2025). Hak Kewarganegaraan Imigran Afghanistan di Kota Kupang dalam Perspektif Teori Hak Asasi Manusia. Global Academical Journal, 5(2), 1-8.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Mas’ud, F., Silla, D., Ly, R. G., Kontesa, A. F., Letma, F., Toga, T. K. H., & Kontesa, F. (2025). Civic Literacy: Literasi Kewarganegaraan Digital sebagai Upaya Pencegahan Disinformasi di Kalangan Siswa SMA di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Civicatio, 1(1), 39-50.

Mas’ud, F., Kale, D. Y. A., Gero, H. M. E., Kolianan, J. B., Sabariman, H., & Peranginangin, I. I. (2025). Studi Masyarakat Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Mas’ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9–21. https://doi.org/10.35508/haumeni.v5i2.24455

Mihailidis, P., & Thevenin, B. (2013). Media Literacy as a Core Competency for Engaged Citizenship in Participatory Democracy. American Behavioral Scientist, 57(11), 1611–1622. https://doi.org/10.1177/0002764213489015

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Misgiyati, M., Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Etnomatika dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Civic Competence. Jurnal Civicatio, 1(1), 10-18.

Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Nurjanah, N., Abdulkarim, A., Komalasari, K., Bestari, P., & Suwandi, M. A. (2024). Critical literacy of young citizens in the digital era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(2), 352–358. https://doi.org/10.21831/jc.v21i2.70232

Nussbaum, M. C. (2013). Creating Capabilities: The Human Development Approach. Harvard University Press.

Ojo, M. C., Widyawan, A., Kolong, M. G. S., Nahak, P. K., Siga, D. V. T., & Mas' ud, F. (2025). Kebebasan Beragama dalam Bayang-Bayang Intoleransi: Tinjauan Kritis terhadap Implementasi Pasal 28 E Ayat (1) UUD 1945. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(04), 702-707.

Paulina, M., Dwiputra, R., Mas' ud, F., & Taneo, K. L. F. (2025). Civic Ecology dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Penguatan Kesadaran Ekologis melalui Konservasi Hutan Pulau Timor. Jurnal Civicatio, 1(1), 19-27.

Putra, J. A., Permata, D., Djani, A. I., Sabetu, D. L., Finit, Y. N., & Mas’ud, F. (2025). Evaluasi Penerapan Prinsip Good Governance dalam Sistem Pemerintahan Indonesia: Tantangan dan Peluang dalam Mengatasi Kesewenang-wenangan. JIMU: Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 3(02), 1239-1251.

Soraya, N. A., Tyas, S. A., & Ayu, V. k. (2022). Nasionalisme Bangsa Di Era VUCA (Volality, Uncertainty, Complexity Dan Ambiguity). Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1238–1243. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2701

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Umar, S. H., Abbas, I., Wibowo, I., & Mas’ud, F. (2025). The construction of children's cultural identity in the digital era: an analysis of the family's role in Ternate City. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 8(2), 105-116.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (M. Cole, V. John-Steiner, S. Scribner, E. Souberman, Eds. & Trans). Harvard University Press.

Wangku, J. A., Taolin, A. P., Ola, M. F. L., Tenmau, D. G., Kares, A. P., & Mas’ud, F. (2025). Implemnetasi Prinsip Meaningful Participation Dalam Revisi Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(3), 328-345.

Wibowo, I., Noe, W., Mas' ud, F., & Kale, D. Y. A. (2025). Pendidikan Moral Berbasis Pancasila Sebagai Antitesis Perilaku Echo Chamber di Kalangan Mahasiswa PPKn Universitas Khairun. Haumeni Journal of Education, 5(2), 78-86.

PlumX Metrics

Published
2025-11-25