Kesadaran Politik Mahasiswa Pemilih Pemula PPKn Universitas Nusa Cendana pada Pemilu Presiden 2024

  • Thomas Kemil Masi(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Anjulin Yonatan Kamlasi(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Petrik Yohanes Meok(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fridolin Vrosansen Borolla(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kesadaran Politik;, Pemilih Pemula;, Pemilu Presiden

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesadaran politik mahasiswa pemilih pemula Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusa Cendana dalam mengikuti Pemilihan Presiden 2024. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya partisipasi politik generasi muda sebagai agen perubahan yang menentukan kualitas demokrasi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa PPKn angkatan 2022–2024, dengan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner Google Form, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesadaran politik mahasiswa pemilih pemula berada pada kategori tinggi. Hal ini terlihat dari indikator pengetahuan, pemahaman, sikap, dan perilaku. Mahasiswa memahami konsep politik dan demokrasi, menyadari pentingnya hak pilih, serta menunjukkan sikap kritis terhadap informasi politik, khususnya di media sosial. Selain itu, mereka aktif dalam menggunakan hak pilih dan terlibat dalam kegiatan politik, baik formal maupun non-formal. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan politik yang tepat di lingkungan kampus dan media sosial berkontribusi signifikan dalam membentuk kesadaran politik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, A., & Sari, N. (2019). Dampak Hoax di Media Sosial Facebook Terhadap Pemilih Pemula. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 51–61. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13565

As, Z. A., & Kurnia, D. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Academia Praja, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36859/jap.v5i1.700

Bashori, K. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 2(2), 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018

Christanto, S. A., & Prathama, A. (2025). Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dalam Meningkatkan Kesadaran Politik di Kabupaten Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 397–405. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i2.18021

Elen Pitria, Della Utari, Yesi Marseta, Moneka Tiara Sari, & Rizky Ayomi Pangestu. (2023). Peran Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 210–218. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3.2105

Ema, L. S., Permana, E., Suatang, S., & Kurniati, K. (2024). Membangun Politik Yang Berakhlak: Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Sistem Demokrasi. Birokrasi: JURNAL ILMU HUKUM DAN TATA NEGARA, 2(3), 209–220. https://doi.org/10.55606/birokrasi.v2i3.1324

Famau, W. W., Kause, E. D., Abu, J. S., Kia, N. R. K., Punuf, R. A. K., & Mas' ud, F. (2025). Masyarakat Menunggu, Elit Berdebat: Kontroversi UU Perampasan Aset di Tengah Krisis Kepercayaan Publik. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(04), 852-858.

Farikiansyah, I. M., Salamah, M. N., Rokhimah, A., Ma’rifah, L., Faruq, F. N. F., & Gufron, M. A. A. (2024). Meningkatkan Partisipasi Pemilu melalui Literasi Politik Pemuda Milenial dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Education Research, 5(4), 6512–6523. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.793

Hadian, V. A., Suryadi, K., Darmawan, C., Danial, E., & Aulia, S. R. (2025). Pengaruh Diskusi Politik melalui Grup WhatsApp terhadap Karakter Kewarganegaraan Digital Mahasiswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 382–392. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.11985

Hamid, S. A., & Hamim, U. (2023). Sosialisasi Literasi Politik Dalam Menyongsong Pemilu 2024 Terhadap Pemilih Pemula Di SMA Negeri 1 Bolangitang Timur. Jurnal Pengabdian Pedagogika, 1(2), 67–78.

Haryani, T. N., Amin, M. I., Husna, A. M., & Lestari, S. M. (2024). Penguatan Literasi Politik bagi Generasi Z: (Kajian Sebelum Masa Pemilihan Umum 2024). Jurnal Kapita Sosial Politik, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.47134/jksp.v1i1.6

Hasibuan, R. S., & Prayetno. (2025). KESADARAN POLITIK MASYARAKAT PESISIR KELURAHAN SEI MERBAU KOTA TANJUNG BALAI PADA PILKADA SERENTAK 2024. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 13(2). https://doi.org/10.35450/jip.v13i2.1252

Hermawan, I. C. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK PADA PARTAI POLITIK DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 10(1). https://doi.org/10.35194/jpphk.v10i1.939

Hidayat, T. (2023). Situasi Demokrasi Nasional Menuju Pemilu 2024. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 856–864. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.310

Isyanawulan, G., Yulasteriyani, & Hendarso, Y. (2023). Pendidikan Literasi Politik Untuk Siswa SMA Negeri 25 Kabupaten Banyuasin. Nawadeepa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 33–38. https://doi.org/10.58835/nawadeepa.v2i1.156

Jannah, M., Sukmana, O., & Susilo, R. K. D. (2024). Menjelajahi Potensi Media Sosial dalam Memperkaya Literasi Politik Generasi Muda: Tinjauan Pustaka. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.248

Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.

Mas' ud, F., & Wibowo, I. (2025). Ekologi Kewarganegaraan: Membangun Relasi Harmonis antara Warga, Negara, dan Lingkungan. Media Sains, 25(1), 27-31.

Mas’ud, F., Kale, D. Y. A., Gero, H. M. E., Kolianan, J. B., Sabariman, H., & Peranginangin, I. I. (2025). Studi Masyarakat Indonesia. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Mas' ud, F., Meo, L., Ottu, F., Fafo, Y. E., Djaha, F. S., Luruk, Y., ... & Peka, Y. (2025). Konstitusi sebagai Landasan Pemerintahan yang Demokratis. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(04), 531-538.

Mangngasing, N., Haryono, D., Nuraisyah, N., Nasrullah, N., & Indriani, N. (2023). SOSIALISASI PENINGKATAN KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024 DI KECAMATAN SARJO. Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 49–62. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i2.1281

Meifilina, A. (2021). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam Melakukan Pendidikan Politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.80

Muslim, A., & Hakim, L. (2023). Sosialisasi Stop Hoax Dalam Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Bermartabat. “Berdemokrasi Dengan Hati, Bukan Dengan Benciâ€. Jurnal Dedikasi Madani, 2(1), 60–65. https://doi.org/10.33394/jdm.v2i1.8491

Nana, K. R., Mas’ud, F., Gemian, S. B., Sanung, F., Keba, A. D., & Jelita, M. T. (2025). Etika Media Sosial dan Implikasinya bagi Individu dan Masyarakat. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(3), 288-299.

Nassa, D. Y., Mas’ud, F., Nitte, Y. M., & Bakoil, M. B. (2025). Pendidikan Pancasila: Menjawab Tantangan di Era Digital. Tangguh Denara Jaya Publisher.

Novianty, F., & Octavia, E. (2018). Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Menumbuhkan Partisipasi Politik bagi Pemilih Pemula di Kecamatan Pontianak Barat. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 293–303. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.989

Nurhikmah, A. R., Nugrahaningtyas, N., & Kom, A. P. S. (2021). DINAMIKA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA.

Ojo, M. C., Widyawan, A., Kolong, M. G. S., Nahak, P. K., Siga, D. V. T., & Mas' ud, F. (2025). Kebebasan Beragama dalam Bayang-Bayang Intoleransi: Tinjauan Kritis terhadap Implementasi Pasal 28 E Ayat (1) UUD 1945. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(04), 702-707.

Oktaviana, D. A. (2023). PARTISIPASI POLITIK SISWA DALAM MEMBANGUN GENERASI YANG PEDULI DENGAN DEMOKRASI. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 13(2), 94–102. https://doi.org/10.35194/jpphk.v13i2.3340

Pelas, M. U., Hutabarat, P. K., Maulina, M., Jauhari, W. M., Warahmah, S., & Murtada, R. (2025). Kurikulum pendidikan politik dan relevansinya dalam meningkatkan kesadaran politik peserta didik di Indonesia. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 226–235. https://doi.org/10.56113/takuana.v4i2.150

Pratama, A. F., Juwandi, R., & Bahrudin, F. A. (2022). Pengaruh Literasi Politik dan Informasi Hoax terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa. Journal of Civic Education, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.662

Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138

Putra, F., & Patra, H. (n.d.). Analisis Hoax pada Pemilu: Tinjauan dari Perspektif Pendidikan Politik. Journal of Education.

Putri, R. D. U. (2024). Dinamika Diskusi Politik Dalam Fenomena Buzzer Serta Implikasinya Terhadap Demokrasi. Sovereignty, 3(2), 75–82.

Rista, D., & Wiranata, I. H. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan: Landasan Demokrasi yang Inklusif Melalui Pemberdayaan Warga Negara menuju Masyarakat yang Demokratis. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 7, 1216–1227. https://doi.org/10.29407/tmx30g53

Rohman, N. (2023). Peran Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam Pemilihan Presiden 2024: Analisis Terhadap Pemilih Pemula. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 5(1), 85–102. https://doi.org/10.21580/jpw.v5i1.18330

Sa’ban, L. M. A., Nastia, N., & Wijaya, A. A. M. (2022). Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Mengahadapi Pilkada Kota Baubau Tahun 2024. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.207

Sakinatuz Zahro, Miladia Nur Kamilah, Muhammad Ardiansyah, Isabna Maghfirotus Safitri, Putri Sofina Naharina, & Alfiana Nanda Waraswati. (2023). Kesadaran Berpolitik Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 49–64. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i2.34

Sasana Tunggal. (2023). Membangun Kesadaran Politik Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.60153/jocer.v1i1.9

Simanjorang, B. M., Batu, R. br L., Bangun, I. br, Perangin-angin, Z. G., & Ivanna, J. (2024). Keterlibatan Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila Dalam Menjaga Kualitas Demokrasi Di Kota Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2830–2837. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7860

Sinaga, K. (2023). ANALISIS PARTISIPASI PUBLIK MENUJU DEMOKRASI BERKUALITAS PADA PEMILIHAN UMUM INDONESIA TAHUN 2024. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1396–1412. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3591

Sudirman, S., & Kurnia, A. (2022). Kapitalisasi Politik Dalam Pelaksanaan Pemilu ( Studi Kasus Praktitk Pemilu yang Mencederai Hakekat Nilai Demokrasi Pancasila). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 92–106. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15196

Sugara, H., Mutmainnah, F., & Safitri, D. N. (2023). Pendidikan Politik Lintas Generasi Dalam Membangun Partisipasi Politik Menghadapi Suksesi Tahun Politik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 64–70. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v13i2.17605

Suparman, A. N., & Rahman, G. Y. (2017). PARTAI POLITIK DAN KADERISASI (Membentuk Partai Politik yang Berkualitas Sesuai dengan Tuntutan Demokrasi). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(4), 200–216. https://doi.org/10.25147/moderat.v3i4.1031

Sutisna, A. (2017). PENINGKATAN LITERASI POLITIK PEMILIH PEMULA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/257-270

Telaumbanua, D., Laia, M. Y., Laia, R. D., & Wau, S. H. (2022). PERAN PEMILIH MUDA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PENYELENGGARAAN PEMILU: Haga : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.57094/haga.v1i2.316

Wangku, J. A., Taolin, A. P., Ola, M. F. L., Tenmau, D. G., Kares, A. P., & Mas’ud, F. (2025). Implemnetasi Prinsip Meaningful Participation Dalam Revisi Undang-Undang No. 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(3), 328-345.

Wibowo, I., Noe, W., Mas' ud, F., & Kale, D. Y. A. (2025). Pendidikan Moral Berbasis Pancasila Sebagai Antitesis Perilaku Echo Chamber di Kalangan Mahasiswa PPKn Universitas Khairun. Haumeni Journal of Education, 5(2), 78-86.

Widodo, W. (2015). PELAKSANAAN PILKADA BERDASARKAN ASAS DEMOKRASI DAN NILAI-NILAI PANCASILA. Civis : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.26877/civis.v5i1.629

Yuliandari, E., Muchtarom, Moh., & Widiatmaka, P. (2023). PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 186. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p186--205

PlumX Metrics

Published
2025-11-30