Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model PBL Materi Sistem Ekskresi Manusia SMA Sint Carolus Kupang
Abstract
Model problem based learning berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama di kelas XI IPA SMA Sint Carolus. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dan mengetahui hasil belajar siswa kelas XI setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji aktivitas peserta didik dengan mengunakan model problem based learning pada siklus satu masih sangat rendah sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik belum mencapai kriteria keberhasilan. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian peserta didik terhadap pembelajaran yang berlangsung dan bersikap acuh serta keraguan dalam menanggapi pembelajaran. Berdasarkan refleksi pada siklus satu, perlu dilanjutkan pada siklus dua agar tecapai kriteria keberhasilan. Pada siklus dua mengalami peningkatan sehingga hasil belajar siswa mencapai kriteria keberhasilan. Artikel ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problrm based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari perubahan hasil belajar dan perilaku dalam mengikuti p roses pembelajaran dan mencapai kriteria keberhasilan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Suparadi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ence, E., Mas’ud, F., Tonis, M., Payong, E. W., Openg, W. F. K., & Laga, O. E. (2025). Membangun Karakter Moral Melalui Pendidikan Etika Di Sekolah. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 247-260.
Giarti. Sri. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Assure Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. SD Negeri 2 Bengle
Julisawaty, E. A. Hurnaningsih Dan Ekasari, M. H. 2020. Aplikasi Augmented Reality Tentang Fungsi Organ Ginjal Manusia Dan Cara Menjaga Kesehatannya
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., Nassa, D. Y., & Doko, M. M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII DI SMP Muhammadiyah Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(1), 1-8.
Khadijah. 2015. Penggunaan Strategi Know-Want-Learn (KWL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi Manusia Untuk Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Salo. Perspektif: Pendidikan dan Keguruan
Kumala, A. 2013. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Pokok Bahasa Bangun Datar Kelas VI SD Negeri 02 Gebyog Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: FKIP UMS
Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Doko, Y. D., & Jama, K. B. (2025). Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum di Era Digital. Haumeni Journal of Education, 5(2), 9-21.
Mas’ud, F., Silla, D., Ly, R. G., Kontesa, A. F., Letma, F., Toga, T. K. H., & Kontesa, F. (2025). Civic Literacy: Literasi Kewarganegaraan Digital sebagai Upaya Pencegahan Disinformasi di Kalangan Siswa SMA di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Civicatio, 1(1), 39-50.
Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235-246.
Misgiyati, M., Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Etnomatika dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Civic Competence. Jurnal Civicatio, 1(1), 10-18.
Paryati. 2012. Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit. Jurnal Telamatika
Paulina, M., Dwiputra, R., Mas' ud, F., & Taneo, K. L. F. (2025). Civic Ecology dalam Pendidikan Kewarganegaraan: Penguatan Kesadaran Ekologis melalui Konservasi Hutan Pulau Timor. Jurnal Civicatio, 1(1), 19-27.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2010. Proses Dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryati, O. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII A SMP Bopkri 3 Yogyakarta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar
Susilawati, M., Syunikitta, M., Silamat, E., Mas’ud, F., & Nggandung, Y. (2025). Collaboration of Indigenous Communities and Academics in Creating Digital-Based Technology. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(2), 177-183.
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wahyudin, Dinn. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Wibowo, I., Noe, W., Mas' ud, F., & Kale, D. Y. A. (2025). Pendidikan Moral Berbasis Pancasila Sebagai Antitesis Perilaku Echo Chamber di Kalangan Mahasiswa PPKn Universitas Khairun. Haumeni Journal of Education, 5(2), 78-86.
Marieta Roswita Wea(1*)






