Penguatan Literasi Sains Siswa Melalui Modul Ajar Fisika Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Materi Impuls dan Momentum
Abstract
Penelitian ini muncul dari kebutuhan untuk memperkuat literasi sains siswa pada materi impuls dan momentum. Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh mana modul ajar fisika yang memadukan nilai-nilai Pancasila dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen pada dua kelompok belajar, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan modul berintegrasi nilai Pancasila dan kelas kontrol yang menggunakan modul konvensional. Pengukuran literasi sains dilakukan melalui tes terstandar yang telah divalidasi, kemudian dianalisis melalui uji prasyarat untuk memastikan kesetaraan kedua kelompok. Hasil menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memperoleh capaian literasi sains yang lebih tinggi pada seluruh indikator dibandingkan kelas kontrol. Pembelajaran dengan modul terintegrasi memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan membantu siswa memahami konsep impuls dan momentum melalui kegiatan yang melatih pemahaman konsep, kemampuan membaca representasi, analisis data, dan penarikan kesimpulan ilmiah. Berdasarkan temuan tersebut, modul berbasis nilai-nilai Pancasila direkomendasikan sebagai bahan ajar alternatif yang efektif untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran fisika.
Downloads
References
Fatkhurrohman, M. A., & Kusuma, W. J. (2019). THE DEVELOPING OF MODUL ON SCIENCE SCHOOL MATERIAL WITH PANCASILA CHARACTER. 6(1).
Fitriana, S., Riska, F. M., Amelia, D., & Rizaldi, R. (2025). Compton : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Development of virtual lab-assisted guided inquiry teaching materials to improve science literacy on momentum and impulse material. 12(1), 57–72.
Herlina, E., & Abidin, Z. (2024). JANUARY 2024 Development of interactive e-modules to improve students ’ scientific literacy abilities : A literature review Jurnal Mangifera Edu. 8(2), 74–87. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v8i2.181. INTRODUCTION
Himmah, R., Jatmiko, B., Prahani, B. K., & Rizki, I. A. (2024). Science Literacy Competency Profile of Science Education Students in Understanding the Concept of Thermodynamics. 5(6), 1600–1615.
Johnson, C. A. (2012). The Information Diet (J. Steele & M. Blanchette (eds.); 1st ed.). O’Reilly Media, Inc.
Jufrida, Kurniawan, W., & Basuki, F. R. (2024). Ethnoscience learning : how do teacher implementing to increase scientific literacy in junior high school. 13(3). https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.26180
Kartika, E., Suban, M. E., & Arafah, Z. U. (2021). Students ’ Data Literacy Ability in Physics Using the Physics E-Module Integrated with the Values of Pancasila During the Covid-19. 541(Isse 2020), 329–335.
Maulida, R., Suyanti, R. D., & Rajagukguk, J. (2025). Enhancing Pancasila Learners ’ Profiles : Project -Based Learning With Flipbook For Scientific Literacy. 28(1). https://doi.org/10.69980/ajpr.v28i1.203
Mazidah, L. N., & Suwarna, I. P. (2025). Meta Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Mata Pelajaran Fisika. 10(1), 381–388.
Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, Nur, L., & Setiadi, D. (2020). PROFIL LITERASI SAINS DAN MODEL PEMBELAJARAN DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS. 15(3), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889
Pangestuti, A., Amarulloh, R. R., & Farizi, T. Al. (2026). Web-based Interactive Visual Media in Teaching Momentum and Impulse to Improve Students ’ Conceptual Understanding. 14(1), 11–24.
Rahman, M. H., Latif, S., & Haerullah, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. 20(2), 218–230.
Ramadani, S., Sinaga, P., & Liliawati, W. (2025). Critical Thinking in Science Learning : Systematic Literature Review. 4, 183–196. https://doi.org/10.46843/jpm.v4i1.378
Rayis, W. P. A., Herayanti, L., Prayogi, S., Kurnia, N., & Muhali. (2025). Jurnal Kependidikan: 11(3), 1322–1333.
Roy, G., Sikder, S., & Danaia, L. (2025). Adopting scientific literacy in early years from empirical studies on formal education : a systematic review of the literature. International Journal of STEM Education, 1–24. https://doi.org/10.1186/s40594-025-00547-1
Sari, A. M., & Ariswan. (2021). Development of Integrated Physics Learning E-Module with Pancasila Character Values in Work and Energy Subjects. 528(Icriems 2020), 451–457.
Siswanto, J., Mahtari, S., Febriani, W., & Sari, E. (2023). The Barriers to Developing Students ’ Scientific Literacy in Learning Physics of Quantities and Measurements. 11(2), 206–220.
Suyidno, S., Susilowati, E., Arifudin, M., Sunarti, T., Siswanto, J., & Rohman, A. (2020). Barriers to Scientific Creativity of Physics Teacher in Practicing Creative Product Design Barriers to Scientific Creativity of Physics Teacher in Practicing Creative Product Design. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012048
Wulandari, D., Dwikoranto, & Setiani, R. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA. 14(1), 1–5.
Yosa, I., Arsyad, M., & Palloan, P. (2025). Development of Scientific Literacy E-module in Science ( Physics ) Subject to Improve Students ’ Science Process Skills. 11(6), 947–956. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i6.11895
Maria Enjelina Suban(1*)






