Efektivitas Multimedia Pembelajaran Berbasis Cerita Digital sebagai Inovasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
Abstract
Melalui Tinjauan Literatur Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif multimedia berbasis cerita digital bisa menjadi inovasi dalam meningkatkan kualitas belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, yang berfokus pada analisis, berbagai literatur ilmiah, hasil penelitian sebelumnya, serta kebijakan pendidikan dalam Kurikulum Merdeka. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan cerita digital dalam pembelajaran mampu mengombinasikan teks, visual, suara, dan animasi secara harmonis sehingga menciptakan proses belajar yang lebih interaktif dan bermakna. Media ini terbukti tidak hanya memperkuat kemampuan literasi dan pemahaman konsep siswa, tetapi juga membangun karakter positif seperti tanggung jawab, kejujuran, empati, dan semangat gotong royong. Selain itu, penerapannya sejalan dengan prinsip pembelajaran abad ke-21 yang menekankan kreativitas, kolaborasi, komunikasi, serta literasi digital. Dengan demikian, multimedia cerita digital dapat dijadikan alternatif inovatif untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, berkarakter, dan relevan dengan perkembangan zaman.
Downloads
References
Faizatuzahra, H. (2024). Multimedia ARTESI Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 69-78.
Fortinasari, P., Anggraeni, C. W., & Malasari, S. (2022). Digital storytelling sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era new normal. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 24-32.
Gustap, S. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Storytelling Untuk Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Narasi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 617-628.
Hafidhoh, S. A., Drajati, N. A., & Sukmawati, F. (2023). Pengembangan Media Digital Storytelling berbasis Multimodal untuk Membangun Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(4), 2535-2541.
Hanum, Luthfiah, et al. "Upaya Melestarikan Kebudayaan Indonesia Berbasis Digital Storytelling di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 2.12 (2023): 1165-1672.
Hidayati, S. W., Farida, N., Faisal, V. I. A., Mulyani, P. S., Erviana, Y., & Muslikah, R. (2025). Pendekatan STEAM Sederhana Untuk Membentssuk Ecoliteracy Lingkungan Pertanian Pada Anak Usia 4-5 Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 237-252.
Maula, I. K., & Antara, P. A. (2024). Buku Interaktif Digital Media Inovatif untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(2), 252-260.
Miftah Al Hafidz, S. P. B. LANDASAN HUKUM STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI INDONESIA. STRATEGI PEMBELAJARAN EFEKTIF, 27.
Mudianti, H., & Rizqiyani, R. (2025). Pengembangan Media Buku Cerita Digital Dalam Meningkatkan Moral Anak Usia 4-5 Tahun. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 1-16.
Munir. (2021). Pembelajaran Digital dan Multimedia Interaktif dalam Pendidikan Abad 21. Bandung: Alfabeta. Google Books Version.
Muyasyaroh, M., & Oktaviarini, N. (2025). Pengembangan Cerita Bergambar Digital Berbasis StoryJumper Kelas IV Di SD Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(3), 201-207.
Nofiani, E. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03), 401-411.
Nurjamaludin, M., Muslihah, N. N., Hartati, S. N. A., & Mutaqin, E. J. (2025). PENGEMBANGAN BUKU CERITA DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 350-358.
Putri, G. P., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Buku Digital Siswa Berbasis Cerita Bergambar Interaktif Materi Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8, 1773-90.
Putri, S. B., Haliza, V. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Efektivitas Metode Digital Storytelling sebagai Media Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2746.
Ramadhani, M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DONGENG FABEL DIGITAL BEBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 101797 DELITUA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 338-352.
Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD BERBASIS Digital Storytelling: Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 SD Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(3), 413-420.
Saimona, Y., Hermansah, B., & Prasrihamni, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Scrapbook Berbasis Cerita Dongeng Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 6.
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1968-1977.
Sundari, R., Setiawan, D. A., & Chisyarani, D. D. (2025). VIDEO DIGITAL STORYTELLING BERBANTUAN BONEKA TANGAN PADA CERITA DONGENG KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 693-706.
Urva, M., Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Dongeng Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 5 (3), 2868-2877.
Wirda, W. (2025). Pemanfaatan Digital Storytelling dalam Mengajarkan Nilai-Nilai Sosial Budaya pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa dan Akademisi, 1(3), 78-88.
Wulandari, M., & Satriyani, F. Y. (2023). Pengembangan buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran tematik siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 544-556.
Yasrini, D. A. (2025). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Muhammad Nur Abdullah(1*)






