Pengembangan Multimedia Pembelajaran Digital Berbasis PowerPoint Interaktif untuk Mendukung Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

  • Muhammad Nur Abdullah(1*)
    Universitas Negeri Makassar
  • Nadya Budiman(2)
    Universitas Negeri Makassar
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Multimedia interaktif, pembelajaran berbasis PowerPoint, pembelajaran tematik, Kurikulum Merdeka, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran digital interaktif berbasis PowerPoint guna meningkatkan kualitas pembelajaran tematik di sekolah dasar dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar aktif dan bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang meliputi beberapa tahap sistematis, yaitu analisis kebutuhan, perancangan produk, validasi ahli, dan revisi. Multimedia yang dikembangkan menggabungkan berbagai elemen interaktif seperti teks, gambar, animasi, suara, video, dan kuis yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan dan gaya belajar siswa sekolah dasar. Fitur-fitur tersebut dirancang untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik, berpusat pada siswa, serta mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman konsep. Proses validasi yang melibatkan ahli media, materi, dan pembelajaran menghasilkan skor kelayakan yang sangat tinggi sebesar 91,65%, yang menunjukkan bahwa multimedia ini sangat valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Implementasi dalam kegiatan belajar menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih antusias, fokus, dan termotivasi, serta pemahaman mereka terhadap materi tematik meningkat secara signifikan. Guru juga memberikan tanggapan positif, menekankan bahwa media ini mudah digunakan, menarik secara visual, dan selaras. Selain itu, penggunaan media ini mendorong guru untuk lebih inovatif dalam menyampaikan materi, sehingga kegiatan belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2024). Efektivitas penggunaan PowerPoint interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar. Jurnal Al-Qayyim, 7(2), 44–53.

Adi, D., & Arifin, M. (2022). Inovasi media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 55–65.

Agus Saputra, M., Subhan, M., & Ayuni, P. (2024). Pengembangan media interaktif berbasis PowerPoint pada materi pecahan kelas IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 10(1), 75–85.

Budianti, Y., Rikmasari, R., & Oktaviani, D. A. (2023). Penggunaan media PowerPoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 112–120.

Deria, M. D., & Wardani, D. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 9(2), 188–196.

Gracia, D. D., & Astimar, N. (2024). Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendas, 8(1), 60–72.

Haryanto, A. (2022). Pemanfaatan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik sekolah dasar untuk meningkatkan efektivitas guru sebagai fasilitator. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 12(1), 45–57.

Indriani, N. M. P. S. (2022). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif materi bangun datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 101–110.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbudristek.

Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2990–3002.

Mulyanto, S., & Mustadi, A. (2023). Media pembelajaran PowerPoint interaktif pada mata pelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 23–31.

Nisa, S., & Imanisa, K. (2020). Pengembangan media pembelajaran PowerPoint untuk meningkatkan pemahaman konsep pengurangan pada SD. Jurnal SHES: Social Humaniora Education Studies, 3(1), 85–93.

Pradana, E. D., & Rachman, A. (2023). Implementasi media pembelajaran digital berbasis PowerPoint dalam meningkatkan keaktifan siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Cakrawala, 8(2), 133–142.

Putri, L. F., & Handayani, T. (2021). Pengembangan media PowerPoint interaktif berbasis kontekstual pada pembelajaran tematik di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 77–88.

Rachmawati, L., & Pratama, F. (2022). Pemanfaatan PowerPoint interaktif untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Inovasi, 5(1), 88–97.

Rahmadani, N., & Sari, P. (2020). Efektivitas multimedia interaktif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 21–30.

Rindayati, E. (2024). Pengembangan multimedia interaktif materi gerhana untuk siswa SD. Prosiding SEMDIKJAR, 5(1), 150–158.

Sari, W. P., & Anugrah, D. R. (2021). Multimedia pembelajaran berbasis PowerPoint untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kreatif, 6(2), 150–163.

Septiyani, N. (2024). Pengembangan PowerPoint interaktif menggunakan model CTL pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 9(1), 65–74.

Setiawan, D., & Hidayati, N. (2021). Pengembangan media PowerPoint interaktif berbasis proyek pada pembelajaran tematik di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 77–88.

Sitorus, R., & Marlina, T. (2023). Penerapan PowerPoint interaktif dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru SD, 11(3), 201–210.

Sugiarto, D., & Farida, H. (2022). Desain multimedia interaktif berbasis PowerPoint untuk mendukung pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Media Edukasi, 4(2), 55–63.

Suryani, W., & Anggraini, D. (2023). Pengaruh penggunaan PowerPoint interaktif terhadap hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 34–42.

Yunitari, S., Rayendra, R., Novrianti, N., & Bentri, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 4512–4520.

Yusuf, S. A. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran tematik berbasis PowerPoint interaktif kelas V sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1)

PlumX Metrics

Published
2025-12-03