Dampak Penggunaan Teknologi Generative Artificial Intelligences (GenAI) Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin
Abstract
Perkembangan teknologi Generative Artificial Intelligence (GenAI) telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Mandarin. Teknologi ini memungkinkan proses belajar yang lebih interaktif, personal, dan efisien melalui kemampuan menghasilkan teks, audio maupun percakapan secara otomatis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan teknologi GenAI dalam pembelajaran bahasa Mandarin, baik dari segi peningkatan kemampuan linguistik peserta didik, motivasi belajar maupun efektivitas interaksi antara pengajar dan pelajar. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, observasi dan wawancara terhadap sejumlah Mahasisw yang memanfaatkan GenAI dalam proses belajar mengajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GenAI memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran bahasa Mandarin. Teknologi ini membantu peserta didik dalam memperluas kosakata, melatih pelafalan, meningkatkan kemampuan menulis, serta memberikan umpan balik secara instan dan kontekstual. Namun demikian, ditemukan pula beberapa tantangan, seperti potensi ketergantungan terhadap teknologi, resiko kesalahan informasi serta berkurangnya interaksi sosial secara langsung.
Kesimpulannya, penggunaan GenAI dalam pembelajaran bahasa Mandarin memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dimana harus diimbangi dengan bimbingan pendidik dan penggunaan yang bijak. Dengan demikian, GenAI dapat menjadi alat pendukung yang efektif dalam pengembangan kompetensi bahasa Mandarin di era digital.
Downloads
References
Ajat Rukajat.(2018).Pendekatan Penelitian Kuantitatif .Yogyakarta:CV Budi Utama.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.(2024).Buku Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi.Jakarta.
Emi Sita Eriana&Afrizal Zein.(2023).Artificial Intelligence (AI).Purbalingga:Eureka Media Aksara.
Hendra Jaya.(2018). Kecerdasan Buatan.Makasar: Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar.
Hartono, R., Fitriati, S. W., & Faridi, A.(2023). Dampak Kecerdasan Buatan (AI) terhadap Pengajaran Bahasa Inggris di Perguruan tinggi: Tantangan dan Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023,346-349.
Joseph Teguh Santoso(2023). Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).Semarang:Universitas Sains & Teknologi Komputer.
Kale, D. Y. A., Mas' ud, F., & Nassa, D. Y. (2025). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Bangsa yang Tangguh di Era Digital. Media Sains, 25(1), 9-14.
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.(2024). Pemanfaatan Gen-Ai. Depok: Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis Dan Pariwisata.
Mohammad Givi Efgivia.(2024).Revolusi Pendidikan Dengan Generative Ai.Bandung:Widina Media Utama.
Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M.(2024).Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5 (1), 680-684.
Sehan Rifky(2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi.Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, Vol. 2 No. 1 (2024) pp: 37-42.
Tamaulina Br. Sembiring.(2024).Buku Ajar Metodologi Penelitian.Karawang: CV Saba Jaya Publisher
Widarto Rachbini.(2023).Pengenalan ChatGPT.Banten: CV. AA Rizky.
Bun Yan Khiong(1*)






