Hubungan Intensitas Mengikuti Kajian Islami terhadap Pembentukan Akhlak Remaja Mesjid Nurul Ikhlas Kota Padang: Pendekatan Kualitatif dalam Pendidikan Agama Islam

  • Sitto Rahmana(1*)
    Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kajian Islami, akhlak remaja, pendidikan agama Islam, pembinaan karakter

Abstract

Fenomena degradasi akhlak remaja menjadi perhatian penting dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara intensitas mengikuti kajian Islami dengan pembentukan akhlak remaja. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah remaja usia 15–20 tahun yang rutin mengikuti kajian Islami di Mesjid Nurul Ikhlas Kelurahan Air Tawar Timur Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas mengikuti kajian Islami memberikan dampak signifikan terhadap perubahan perilaku, kedisiplinan ibadah, kontrol diri, etika sosial, dan tanggung jawab pribadi. Kajian Islami terbukti menjadi sarana pembinaan moral sebagaimana prinsip yang termaktub dalam Al-Qur’an, antara lain QS. Luqman:13–19, QS. Al-Ahzab:70, QS. An-Nahl:125, dan lainnya. Penelitian ini menegaskan bahwa kajian Islami berperan sebagai media internalisasi nilai akhlak mulia serta penguatan karakter religius remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali. (2005). Ihya’ Ulumuddin. Beirut: Darul Fikr.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: PT Sygma Examedia.

Hidayat, R. (2020). Pengaruh Kajian Keislaman terhadap Pembinaan Akhlak Remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–58.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 120–133.

Nata, A. (2016). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Qomar, M. (2007). Epistemologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Sudarsono, R. (2020). Hubungan Intensitas Kajian Islam dengan Perilaku Sosial Remaja. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 5(2), 65–77.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

PlumX Metrics

Published
2025-12-07