Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Education for Sustainable Development: Dampaknya terhadap Critical Thinking Skills dan Sustainability Awareness
Abstract
Critical thinking skills dan sustainability awareness merupakan kompetensi penting untuk menghadapi tantangan masa depan, namun realitas di lapangan menunjukkan bahwa kedua kompetensi tersebut masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Education for Sustainable Development (ESD) terhadap critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X9 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes pretest–posttest untuk mengukur critical thinking skills dan angket untuk mengukur sustainability awareness. Kelas eksperimen diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbasis ESD, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Hasil analisis menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis ESD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan critical thinking skills dengan nilai effect size sebesar 1,086 (kategori besar), dengan peningkatan tertinggi pada indikator basic clarification. Pada aspek sustainability awareness, peningkatan tertinggi terjadi pada indikator kesadaran emosional. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis ESD efektif dalam meningkatkan critical thinking skills dan sustainability awareness peserta didik, khususnya pada materi ekosistem.
Downloads
References
Clarisa, G., Danawan, A., Muslim, M., & Wijaya, A. F. C. 2020. Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 13-25. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.8953
Ekamilasari, E., Permanasari, A., & Pursitasari, I. D. 2021. Critical thinking skills and sustainability awareness for the implementation of education for sustainable development. Journal of Science Education Research, 5(1), 46-53.
Ennis, R. H. 1989. Critical thinking and subject specificity: Clarification and needed research. Educational Researcher. https://doi.org/10.3102/0013189X018003004
Ennis, R. H. 2018. Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1). (10.1007/s11245-016-9401-4)
Facione, P. A. 2015. Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 1-16.
Fitriani, A., Zubaidah, S., & Hidayati, N. 2022. The quality of student critical thinking: A survey of high schools in Bengkulu, Indonesia. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 142-149. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i2.18129
Hassan, A., Noordin, T. A., & Sulaiman, S. 2010. The Status on the Level of Environmental Sustainability Awareness in the Concept of Sustainable Development among Secondary School Students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1276-1280. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.187
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. 2019. RICOSRE: A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417-434.
Mas' ud, F., Izhatullaili, I., Kale, D. Y. A., & Wibowo, I. (2025). Civic Resilience di Era VUCA: Peran Literasi Bahasa dalam Pembentukan Warga Negara Reflektif di Kota Kupang. Haumeni Journal of Education, 5(3), 32-46.
OECD.2022. PISA 2022 Results. OECD Publishing.
Sidabutar, N., & Mercuriani, I. S. 2024. Analysis of Critical Thinking Ability of High School Students in Sleman Regency on Virus Material. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5320
Sobari, E. F. D., Hermani, T. R., & Remalis. 2022. Critical Thinking Skills and Sustainability Consciousness of Students for the Implementation Education for Sustainable Development. I 6(2), 75. http://dx.doi.org/10.21831/jser.v6i2.52347
Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).
Wahyu, T. D., Kamid, K., & Rusdi, M. 2024. The Influence of Contextual Teaching Learning Models Reviewed from Self-Efficacy on Critical Thinking Ability. PRISMA, 13(1), 166-174. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v13i1.3759
Zulkarnaen, Z., Riandi, R., & Amprasto, A. 2023. Analysis of Students' Sustainability Awareness of the Environment. Jurnal Penelitian Pendidikan
Median Agus Priadi(1*)






