Hubungan antara Motivasi dan Self-regulated Learning Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Kupang

  • Erika Feronika Br Simanungkalit Universitas Nusa Cendana
  • Rolens E. H. Riwu Manu
  • Asnat C. Bani Bili
  • Andri P. Loe
Keywords: Motivasi; Self Regulated Learning; Pembelajaran Jarak Jauh.

Abstract

Penerapan  pembelajaran  jarak  jauh  di  sekolah-sekolah  merupakan  hal  baru  bagi siswa dan guru, butuh waktu bagi siswa dan guru untuk beradaptasi. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah motivasi dan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang. Penelitian ini berjenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner self regulated learning Jansen et al., (2017) dan kuesioner motivasi Garcia (1996). Responden dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa di kota Kupang yang berasal dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dan positif antara motivasi dengan self regulated learning dengan besar koefisien korelasi 0.780. Uji  koefisien  determinasi  menunjukkan  motivasi menjadi prediktor self regulated learning sebesar 0.608 atau 60,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi dengan self regulated learning siswa selama pembelajaran jarak jauh di kota kupang.

References

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Jarak jauh Di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 123–40. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.
Garcia, Teresa. Alternatives in Assessment of Achievements, Learning Processes and Prior Knowledge. Alternatives in Assessment of Achievements, Learning Processes and Prior Knowledge, 1996. https://doi.org/10.1007/978-94-011-0657-3.
Harlen, Wynne, and Ruth Deakin Crick. “Testing and Motivation for Learning.” Assessment in Education: Principles, Policy and Practice 10, no. 2 (2003): 169–207. https://doi.org/10.1080/0969594032000121270.
Jansen, Renée S., Anouschka van Leeuwen, Jeroen Janssen, Liesbeth Kester, and Marco Kalz. “Validation of the Self-Regulated Online Learning Questionnaire.” Journal of Computing in Higher Education 29, no. 1 (2017): 6–27. https://doi.org/10.1007/s12528-016-9125-x.
Riswanto, Ari, and Sri Aryani. “Learning Motivation and Student Achievement : Description Analysis and Relationships Both.” COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education 2, no. 1 (2017): 42. https://doi.org/10.23916/002017026010.
Sun, Zhiru, Kui Xie, and Lynley H. Anderman. “The Role of Self-Regulated Learning in Students’ Success in Flipped Undergraduate Math Courses.” Internet and Higher Education 36, no. September 2017 (2018): 41–53. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2017.09.003.
Yulanda, Novidya. “Pentingnya Self Regulated Learning Bagi Peserta Didik Dalam Penggunaan Gadget.” Research and Development Journal of Education 3, no. 2 (2017): 164–71. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2013.
Published
2021-12-05