Penyesuaian Diri (Self Adjusment) Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Penyusunan Tugas Akhir di Universitas Nusa Cendana

  • Andriani Paulin Nalle Universitas Nusa Cendana
  • Uda Geradus
  • Imelda Laveda Davita
Keywords: Mahasiswa/i, Penyesuaian Diri (Self Adjusment), penyusunan tugas akhir

Abstract

Kemampuan mahasiswa program studi BK FKIP Undana dalam menyelesaikan tugas akhir berada pada kategori rata-rata. Hal ini berkaitan dengan kemampuan penyesuaian diri. Apabila mahasiswa mampu beradaptasi terhadap tuntutan-tuntutan penyusunan tugas akhir dengan baik, maka tulisan dapat terselesaikan tepat waktu dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri (self adjusment) mahasiswa/i Bimbingan dan Konseling dalam penyusunan tugas akhir di Universitas Nusa Cendana Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasi dan dilaksanakan pada Kampus B Universitas Nusa Cendana Kupang. 74 mahasiswa/i menjadi sampel dari populasi sebanyak 288 mahasiswa/i prodi BK yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling serta data dikumpulkan dengan metode kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Tingkat penyesuaian diri (self adjusment) mahasiswa prodi BK dalam penyusunan tugas akhir berada pada kategori tinggi yaitu 53%. Namun, penyesuaian social mahasiswa masih menunjukkan kekurangan dibandingkan penyesuaian pribadi dalam penyusunan tugas akhir.

Kata Kunci: Mahasiswa/i, Penyesuaian Diri (Self Adjusment), penyusunan tugas akhir

References

Etika, N., & Hasibuan, W. F. (2016). Deskripsi masalah mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Jurnal Kopasta, 3(1)
Ghufron, N., & Risnawati, R. (2012). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kasari, W., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar pada siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Purworejo (Doctoral dissertation, Undip).
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Penerbit Selaras
Maghfur, S. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Al Ishlah Darussalam Semarang. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1)
Sasmita, I., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2)
Sugiyanto., & Wangid, M. N. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2)
Syahfitri, N. N., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Penerapan sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial siswa sekolah menengah pertama. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).
Yuliansah, M Wildan. 2016. Kesehatan Masyarakat Kesehatan Mental. Surakarta: PT Borobudur Inspira Nusantara
Published
2021-12-14