Tanggapan Mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan/persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan di masa karantina Pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Penggumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online kepada 328 responden (38% mahasiswa UNIKA, 44% mahasiswa UNDANA, 36% mahasiswa UMK dan 14% mahasiswa UNKRIS) yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Hasil temuan/penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya mengikuti pembelajaran daring di rumah dengan menggunakan gadget (hp) melalui koneksi data pribadi dengan sinyal internet yang cukup baik (sedang). Mayoritas mahasiswa lebih suka menggunakan aplikasi elearning dan Gmeet ketika daring dengan bentuk paket materi berupa power point (PPT) dan substansi materi yang sesuai/ relevan dengan kompetensi yang harus dikuasai. Program Pembelajaran Daring ini berkontribusi pada peningkatan keunggulan akademik (academic excellent),manfaat ekonomi (economic benefit), dan dampak sosialnya (social impact) seperti fleksibilitas tempat dan waktu sehingga memudahkan masyarakat untuk mengikuti pembelajaran kapan pun dan di manapun, namun perkuliahan Daring selama masa pandemi covid 19 dinilai kurang efektif karena mahasiswa mengalami Kendala seperti banyaknya tugas, perkuliahan tidak on time, diskusi yang monoton dan bahan/materi yang diberikan terbatas.
Downloads
References
Darmawan, D. (2013), Metodologi penelitian kuantitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muchlas, (2020), Analisis pembelajaran online masa WFH PANDEMIC Covid -19 sebagai tantangan pemimpin digital abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa WFH Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dalam format PDF ini ditandatangai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pada tanggal 24 Maret 2020
Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal pendidikan vokasi, 3(1).
Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi implementasi sistem pembelajaran daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834
Sanjaya, R. (Ed). (2020). Refleksi pembelajaran daring di masa darurat. SCU Knowledge Media.
Saifuddin, M.F, (2016). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan
Suciati. (2018). Pengembangan kreativitas inovatif melalui pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan, Volume, 19(2).
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai sampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10.
Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, 2(1), 10-23
Wulandari, M., S. & Rahayu, N. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas
Zhafira, Nabila Hilmy, Ertika, Yenny dan Chairiyaton, 2020 Persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan Daring sebagai sarana Pembelajaran selama masa karantina Covid-19, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).