Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Predict Observe Explain dalam Menanamkan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa

  • I Wayan Sukarjita Universitas Nusa Cendana
  • Fakhruddin Fakhruddin
Keywords: Pemahaman konsep, Predict Observe Explain, Sikap ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Predict Observe Explain (POE) dalam meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep fisika bagi siswa SMP. Penelitian dilaksanakan dengan sampel siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kupang dengan desain penelitian “Pre test Post Test Group Design” dengan memilih model pembelajaran Discovery Learning sebagai model kontrolnya. Kedua variable yakni pemahaman konsep diukur menggunakan instrument berupa test sedangkan sikap ilmiah siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi. Sikap ilmiah siswa yang diukur meliputi 7 aspek sikap ilmiah yakni: Rasa ingin tahu, Jujur, Disiplin, Teliti, Tanggung jawab, Kritis dan Kerja sama. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif melalui uji homogenitas, uji normalitas dan uji-t dengan memanfaatkan aplikasi SPSS Ver 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) model POE dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika lebih baik daripada model Discovery Learning, (2) Model POE dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa lebih baik daripada model Discovery Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model POE efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa

References

Anwar, H. (2009). Penilaian sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu Volume 2, No. 5, Mei 2009, hal. 103-113
Arikunto, Suharsimi, (1993). Model-model pembelajaran inovatif. Jakarta: Rinek Cipta.
Bukifan, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square dan Two Stay Two Stray dengan teknik Probing Promting untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Negeri 4 Kupang. Kupang: Universitas Nusa Cendana.
Dewi, Narni. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia
Ertikanto, Chandra, (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Media Akademi
Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Mubarok, Chusni & Sulityo, Edy. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. UniversitasNegeri Surabaya: Fakultas Teknik Elektro, vol 03, no. 01, 215- 221
Puriyandari, Devi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun pelajaran 2012/2011 UNS Surakarta Indonesia.
Restami, M. P, Suma K & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Univ. Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia: Program Studi Pendidikan IPA, vol 3
Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rosila, Fatah. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning dengan metode praktikum pada materi ekosistem terhadap keaktifan dan Hasil belajar siswa kelas X MAN Yokyakarta II. Jogjakarta: UIN Sunan Kalijaga: FST UIN
Rusnayati, Heni & Eka Cahya Prima. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011
Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: RefikaAditama
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito: Bandung.
Published
2021-12-05