Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDI Buraen 2 Melalui Media Praktikum Sederhana pada Materi Perpindahan Kalor

  • Petrus Kase SD Inpres Buraen 2,
Keywords: Pemahaman konsep, perpindahan kalor

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 5 SDI Buraen 2 melalui media praktikum sederhana pada materi perpindahan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek siswa Kelas 5 SDI Buraen 2 sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengumpulkan data hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran dengan media praktikum yang disiapkan, serta soal tes di setiap akhir siklus untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. PTK dilaksanakan dalam 2 siklus saja karena indikator keberhasilan yang sudah berhasil dicapai, dengan 2 kali pembelajaran dalam setiap siklus. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh hasil observasi aktifitas siswa yaitu 59,52% atau Cukup mengalami peningkatan menjadi 82% atau Sangat Baik pada siklus 2. Kemudian untuk aktifitas guru meningkat dari 66,67% atau Baik menjadi 95,83% atau Sangat Baik. Sejalan dengan hasil tes pemahaman siswa yang meningkat dari siklus 1 sebesar 50% menjadi 100%. Dengan demikian penggunaan media praktikum matematika mampu meningkatkan pemahaman konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas V SDI Buraen 2.

References

Alwi, H. (2005). Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cengel, Y. A. (2003). Heat transfer: a practical approach (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Companies, Inc. All.
Djaelani, A. R. (2013). TeknikpPengumpulan data dalam penelitian. Majalah Ilmiah Pawiyatan, XX (7).
Holman, J. P. (1997). Perpindahan kalor (terjemahan Jasjfi) Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Ciputat: Gaung Persada Pers.
Nasution, N. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nur, S., Halidjah, S., & Tampubolon, B. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN dengan model cooperative learning tipe two stay two stray. Jurnal Khatulistiwa, 3(3), 1-13.
Rusman, R. (2013). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung: Alfabeta.
Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sulipan, S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Diakses pada tanggal 17 September 2021 pada link http://www.profesiguru.com/pdf/penelitian%20tindakan%20kelas-siln%20dan%20kti.pdf
Winkel, W.S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Published
2021-12-14