Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VB SDN Buraen 1

  • Noh Pehe SDN Buraen 1
Keywords: Direct Instruction, Hasil Belajar siswa, Soal Cerita Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika siswa kelas VB SDN Buraen 1. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas VB SDN Buraen 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, meliputi tahap perancangan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Hasil pretes menunjukan bahwa test awal memiliki rata-rata 55,33 dan ketuntasan kelas 0%. Dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual diperoleh hasil pada siklus kedua menunjukan bahwa: 1) Persentase ketuntasan mencapai 100% 2) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik 3) Aktifitas siswa selama pembelajaran berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan hasil belajar siswa.

References

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Kasma, R., dan Saragih, S (2003). Kemampuan siswa SLTP Medan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Kependidikan, 33(1), 85-96.
Purwanto, N. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2005). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sulipan, S. (2008). Penelitian tindakan kelas. Diakses pada tanggal 10 September 2021 pada link http://www.profesiguru.com/pdf/penelitian%20tindakan%20kelas-siln%20dan%20kti.pdf
Syah, M. (2004). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-14