Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 2 di Kelas I SDN Sonraen

  • Jouis Otemusu SDN Sonraen
Keywords: Flashcard, Hasil Belajar siswa, Kemampuan Membaca

Abstract

Kurangnya kemampuan membaca membuat siswa kesulitan dalam memahami materi serta menguasai kompetensi dasar yang menjadi tuntutan kurikulum. Metode belajar yang klasikal tampak kurang efektif dalam membantu siswa mengenal huruf dan membaca kata. Diperlukan bantuan media, guna memperlancar proses belajar dan menolong siswa mengenal huruf serta membaca. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas 1 SDN Sonraen Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, meliputi tahap perancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas 1 SDN Sonraen sebanyak 23 orang. Hasil pretes menunjukan rata-rata nilai siswa 57,5 dan ketuntasan kelas 13,04%. Dengan menggunakan media flashcard diperoleh hasil siklus kedua menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mencapai 82,61%, siswa aktif dalam pembelajaran dan mampu mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca dan hasil belajar siswa

References

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Febriyanto, B., Yanto, A (2019) Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108-116
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Pradana, P. H., Gerhani, F (2019) Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of education and Instruction, 2(1), 25-31
Purwanto, Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulipan, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses pada tanggal 11 September 2021 pada link http://www.profesiguru.com/pdf/penelitian%20tindakan%20kelas-siln%20dan%20kti.pdf
Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan: dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yeti, M, (2009). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2021-12-14