Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bokong 2

  • Maria Kardina Nali SD Bokong 2
Keywords: Media Gambar, Kartu Huruf, Kemampuan Membaca

Abstract

Proses pembelajaran berbahasa pada tingkat sekolah dasar harus menyesuaikan dengan tahapan berpikir anak sehingga guru perlu kreatif dalam menghadirkan media konkret yang dapat memudahkan anak dalam berbahasa. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media gambar dan kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SD Negeri Bokong 2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana secara garis besar terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar dan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukan berdasarkan data ketuntasan kelas dalam membaca pada siklus I yaitu 64.28 % selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 85.71%. Selain itu hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu kriteria kurang dan cukup menjadi kriteria baik pada siklus II. Begitu pula, dengan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menjadi kriteria baik

References

Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 8 (1), 47 -54.
Arikunto, S., (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
Arikunto, A. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayati, R, Suyitno, Artharina, F.P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3 (2). 112 – 116.
Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7 (2). 1 – 20.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumantri, M, Sudana, D.N., Adnyana, E.Y. (2017). Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1-10.
Syatauw, G.R., Solehun, Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 2 (2), 80 – 86.
Published
2021-12-14